Hari Ini, Jabodetabek Berpotensi Hujan Ringan

Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pembaruan informasi mereka soal potensi hujan di Jabodetabek pada hari Minggu, 12 Januari 2020. Menurut BMKG, hari ini Jabodetabek berpotensi hujan ringan dengan curah hujan yang menurun dibanding pada 1 Januari 2020.

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia, pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk 

Hujan dengan intensitas sedang-lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek pada periode 09-12 Januari 2020, namun tidak se-ekstrem hujan yang terjadi pada tanggal 01 Januari 2020. Melalui rilisanya, BMKG mengatakan secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. 

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

"Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang," ujar Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.
 

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur
Hujan deras  (Foto ilustrasi).

Awal Mei, 26 Provinsi Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sejumlah wilayah, termasuk kota besar, di 26 provinsi Indonesia pada hari pertama Mei, Rabu.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024