Kali Jambe Tertutup Sampah Sisa Banjir, Begini Penampakannya

Sampah di Kali Jambe, Kabupaten Bekasi, Jabar, Kamis, 16 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dani (Bekasi)

VIVA – Kali Jambe kembali dipadati tumpukan sampah. Penumpukan sampah di kali yang terletak di Perumahan Villa Makmur Dua, Desa Mangunjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi itu sudah terjadi sejak dua pekan lalu usai banjir melanda wilayah tersebut. Sampah membentang sepanjang 100 meter.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

“Memang ada penumpukan lagi sejak 3 Januari 2020 karena banjir kemarin. Kurang lebih sampah itu menumpuk di permukaan kali sepanjang 100 meter,” kata Camat Tambun Selatan Jumaefi, Kamis, 16 Januari 2020.

Jumaefi menambahkan, jenis sampah yang menutupi permukaan kali berasal dari sampah pohon pisang, kayu, sampah rumah tangga, styrofoam, dan perabotan rumah tangga. "Kebanyakan sampah bawaan banjir," ujarnya.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Sampah di Kali jambe, Bekasi, Kamis, 16 Januari 2020.

Bahkan, sebelum tumpukan sampah ini terjadi, menurut Junaefi, sempat juga terjadi penumpukan di titik lain. Hanya saja, lokasi itu sudah berhasil dibersihkan. “Kali ini memang sampah itu akibat kiriman sampah banjir,” katanya. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi terkait pengerukan sampah. Namun, karena lokasinya yang sempit membuat sistem pengerukan bakal dilakukan secara manual. “Karena alat berat tidak bisa masuk ke lokasi Kali Jambe,” ujarnya.

Tumpukan sampah di Kali Jambe merupakan kesekian kalinya terjadi. Sebelumnya, November 2019 lalu tumpukan sampah juga terjadi di Kali Jambe. Permukaan sungai tertutup sampah sepanjang 200 meter.

 Gempa Bumi Berpusat di Garut Jawa Barat Berkekuatan 6,5 SR

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Warga di Garut merasakan gempa bumi sangat kencang. Bahkan kaca rumah terlihat bergetar. Hingga mereka berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024