BMKG Peringatkan Hujan Angin dan Petir Sampai Sore

Hujan lebat dan genangan air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Senin, 20 Januari 2020.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Peringatan ini terkait potensi cuaca hujan lebat yang disertai angin kencang sejak pukul 11.40 WIB. Berdasarkan informasi yang dikirimkan BMKG, hujan akan disertai dengan angin kencang, kilat dan petir.

Sejumlah wilayah di Jakarta yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas tinggi adalah Tanah Abang, Menteng, Johar Baru, Senen, Cempaka Putih, Kemayoran, Sawah Besar, Gambir, Matraman, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah. Potensi hujan juga akan terjadi di  Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Barat, Cikarang.

Awal Mei, 26 Provinsi Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

Potensi hujan akan meluas ke wilayah Kembangan, Cengkareng, Kalideres, Penjaringan, Tambora, Tamansari, Pademangan, Pulogadung, Kelapa Gading, Tanjung Priok, Cakung, Cilingcing, Koja, Lemahabang, Cibitung, Tambun, Babelan, Tarumajaya, Tambelang, Sukatani, Serang, Setu, Bantargebang, Jatiasih, Pondok Gede, Cipayung, Makasar, Duren Sawit, Jatinegara.

Sementara di wialayah Jakarta Selatan, hujan akan berpotensi terjadi di wilayah Tebet, Setiabudi, Pancoran, Pasar Minggu, Kramat Jati, Pasar Rebo, Ciracas, Cimanggis, Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan.

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

Meluas ke wilayah Ciputat, Pondok Aren, Ciledug, Pesanggrahan, Benda, Batuceper, Cipondoh, Serpong, Pamulang, Limo, Legok, Beji, Pancoranmas, Sukmajaya, Gunung Putri, dan sekitarnya. Kondisi potensi hujan deras masih akan berlangsung hingga pukul 14.20 WIB.

Sebelumnya, hujan deras terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada Senin pagi. Hujan terjadi dengan intensitas sedang dan lebat, disertai kilat, petir dan angin kencang. Hujan merata sejak pukul 09.20 WIB. Masyarakat yang ingin beraktifitas di luar rumah, diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Ilustrasi petugas BMKG

Udara Panas yang Melanda RI dalam Beberapa Hari Terakhir Bukan Heatwave, Menurut BMKG

BMKG memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir bukan merupakan gelombang panas atau heatwave tapi akibat gerak semu Matahari.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024