Keren, Dosen Ini Bikin Warung Makan Gratis untuk Warga Miskin

Warung gratis di Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Ngadri

VIVA – Membantu untuk yang membutuhkan menjadi prinsip seorang dosen salah satu universitas di Pontianak, Kalimantan Barat. Dosen bernama Muhammad Abduh ini patut dicontoh karena membuka warung makan gratis.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Abduh buat warung gratis di Yayasan Arrahman, Jalan Timor, Kecamatan Pontianak Selatan sejak dua hari lalu atau Senin, 20 Januari 2020. Ia sengaja membuat warung ini yang bertujuan membantu warga tak mampu dan tunanetra.

Saat VIVAnews mengunjungi lokasi, Selasa malam, 21 Januari 2020, ada sekitar 30 anak tunanetra dan warga dari kalangan mahasiswa yang sedang makan. Mereka makan dan minum tanpa harus bayar. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

"Warung ini buka setiap hari, dari jam 19.00 hingga jam 21.00 WIB. Warga dari manapun boleh makan di warung ini dan tidak perlu bayar," kata Abduh.

Dia menambahkan, membuka warung makan gratis dari idenya bersama empat temannya. Keinginannya tak muluk-muluk ingin berbagi rezeki kepada masyarakat yang membutuhkan.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Tujuan kami bersama teman-teman membuka warung makan gratis untuk berbagi kepada sesama warga yang membutuhkan," ujarnya.

Dia menyebut di Pontianak masih ada warga yang kehidupannya kurang mampu secara ekonomi. Diharapkan warung ini setidaknya bisa membantu.

Meski warga miskin jadi prioritas, tapi bila memang ada yang membutuhkan makanan bisa mengunjungi warungnya. "Semua warga boleh datang dan makan di warung," katanya.

Abduh menjelaskan warung makan ini dibuka dengan dana patungan bersama teman-teman. Ada yang membantu uang dan memberikan bantuan material berupa lauk pauk. Lalu, ada juga yang menyumbang beras dan sayuran.

"Setiap hari untuk makan gratis kita siapkan 100 porsi, lauknya ayam goreng, sayur mayur dan minuman air putih," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya