Juli 2020, Belanja di Pasar Tradisional DKI Tak Ada Kantong Plastik

Ilustrasi plastik biodegradable
Sumber :

VIVA – Pasar tradisional yang ada di Jakarta, serta dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI PD Pasar Jaya, dipastikan tidak akan lagi menggunakan kantung plastik untuk membungkus barang yang dibeli para pembelinya mulai Juli 2020.

Harga Daging Ayam dan Cabai di Pasar Tradisional Bandung Meroket

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Andono Warih, hal itu merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 142 Tahun 2019.

"Seluruh pasar tradisional atau pasar rakyat di DKI Jakarta yang dikelola oleh Pasar Jaya akan menerapkan kebijakan bebas kantung plastik keresek sekali pakai," ujar Andono di Jakarta, Kamis, 30 Januari 2020.

Mendag Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok Turun Jelang Lebaran

Andono menyampaikan, pengelola pasar, akan menyediakan Kantung Belanja Ramah Lingkungan (KBRL). Kebijakan merupakan upaya DKI mengurangi penggunaan plastik yang bisa merusak lingkungan di ibu kota.

"Sinergisitas antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan konsumen adalah penentu keberhasilan penerapan kebijakan," ujar Andono.

Dorong Digitalisasi dan Revitalisasi Pasar Tradisional, Inkoppas Gandeng PT Viura

Sementara, Direktur Usaha dan Pengembangan Pasar Jaya Anugrah Esa mengungkapkan saat ini, pasar-pasar tradisional, tidak kurang menghasilkan 600 ton sampah plastik setiap hari. DKI berkomitmen mengurangi angka itu melalui kebijakan ini.

"Seluruh pasar tidak ada lagi yang menggunakan kantung keresek sekali pakai," ujar Anugrah.

Pedagang menunjukkan bawang putih yang harganya tinggi hingga Rp 55 ribu per kilogram di salah satu pasar di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa, 11 Juli 2023.

Harga Bawang Putih di Gianyar Naik Capai Rp 55 Ribu per Kilogram

Harga bawang putih di beberapa pasar di Kabupaten Gianyar, Bali, mencapai hingga Rp 55 ribu per kilogram atau meningkat dibandingkan harga normal kisaran Rp30 ribu per kg

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2023