TransJakarta Siap Tambah Armada Akibat KCI Kurangi Layanan

Bus Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVAnews - Layanan TransJakarta siap menambah armada terkait adanya pengurangan layanan Kereta Rel Listrik (KRL) CommuterLine yang dilakukan Kereta Commuter Indonesia (KCI). Menurut Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo, penambahan armada dilakukan sehingga penumpang KRL yang terpaksa hanya bisa melakukan perjalanan hingga Manggarai, bisa menggunakan TransJakarta untuk tiba di tujuan.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

"Jadi pelanggan KCI tidak perlu khawatir. TransJakarta sudah siapkan rencana operasi antar-jemput pelanggan KCI untuk tetap sampai ke tujuannya," ujar Nadia di Jakarta, Rabu, 12 Februari 2020.

Nadia menyampaikan penambahan armada dilakukan saat KCI melakukan rekayasa pola operasi pada 13 hingga 23 Februari 2020. Ada 20 armada tambahan TransJakarta yang melintasi Manggarai yang akan mengantar penumpang ke jaringan TransJakarta sehingga mereka bisa sampai di tujuannya.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

"Mulai pukul 06.00 WIB esok (Kamis, 13 Februari 2020), TransJakarta tambah layanan dan 20 armada untuk mengantarkan pelanggan Kereta Commuter Line (KCI) yang ingin bepergian ke dalam kota," ujar Nadia.

Nadia juga mengemukakan, armada tambahan yang disiapkan, berupa bus single high deck berkapasitas 29 orang duduk, 36 orang berdiri, juga satu kursi roda. Keberadaan armada tambahan membuat interval kedatangan TransJakarta di Manggarai menjadi hanya lima menit saja.

Pertamina NRE dan VKTR Sepakati Kolaborasi Kembangkan Ekosistem EV Berkelanjutan, Intip Strateginya

"TransJakarta sendiri memiliki sebanyak delapan rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai yang dapat digunakan untuk meneruskan perjalanan," ujar Nadia.

Berikut delapan rute TransJakarta yang melintasi Manggarai, serta bisa dimanfaatkan selama ada perubahan pola operasi dari KCI:

1. Layanan 4 rute Pulogadung-Tosari.
2. Layanan 4B rute Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia.
3. Layanan 4D rute Pulogadung-Patra Kuningan.
4. Layanan 4H rute Pulogadung-Ragunan.
5. Layanan Layanan 6F ruteĀ  Ragunan-Stasiun Manggarai.
6. Layanan 6M rute Stasiun Manggarai-Blok M.
7. Layanan B23 rute Bekasi Timur-Manggarai.
8. Layanan M4 rute Pulogadung-Dukuh Atas.

Sebelumnya diberitakan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta akan melakukan rekayasa pola operasi KRL Commuter Line sehubungan kegiatan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

Dari total 281 perjalanan KRL Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi, dan satu KA dibatalkan, serta daftar jadwal KA akan mengalami rekayasa operasi. Sebanyak 45 rute KRL Depok dan Bekasi hanya sampai Manggarai.

ā€œPT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul, karena rekayasa pola operasi ini. Namun rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan, dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikiniā€“Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,ā€ kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, di Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya