Demo Buruh Tolak Omnibus Law di DPR Ricuh

Demo buruh di DPR
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kericuhan sempat terjadi dalam aksi demo buruh soal omnibus law di depan gedung DPR/MPR RI. Kericuhan disebut diduga adanya sekelompok mahasiswa yang nekat melakukan aksi di tengah demo buruh.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Tetap Dikerahkan ke MK Meski Relawan Prabowo-Gibran Batal Aksi

Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Heru Novianto mengatakan, mahasiswa yang berjumlah puluhan orang itu datang dari arah Jakarta Convention Centre menuju DPR. Mereka membawa mobil komando dan memaksa masuk ke dalam ribuan massa buruh.

"Mereka mau aksi juga. Tuntutannya soal kasus Jiwasraya," kata Heru di gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Februari 2020.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Heru menambahkan, massa mahasiswa itu sempat ditentang beberapa perwakilan buruh yang tak terima. Ia mengakui memang sudah ada surat pemberitahuan sekelompok mahasiswa tersebut ingin melakukan aksi. Namun, aparat sempat melarang lantaran sudah ada aksi buruh di DPR.

"Kelompok buruh bersikukuh masih melakukan aksi pada jam 14.00. Namun kelompok mahasiswa ini nekat mau aksi. Makanya sama kelompok buruh langsung dilarang," kata Heru.

Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan

Massa mahasiswa itu langsung berlarian karena dihadang kelompok buruh. Mereka kemudian diamankan Polisi yang bertugas.

"Kami bawa ke kantor Polres sama mobil komandonya," ucap Heru.

Heru memastikan kondisi sudah kondusif dan tak ada korban luka dalam peristiwa ini. Massa aksi buruh juga sudah mulai membubarkan diri.

"Sudah bubar juga massanya. Hanya beberapa massa menunggu bus yang menjemputnya," kata Heru.

Sebelumnya massa buruh mulai berkumpul di sekitar gedung DPR sejak pukul 12.00. Hari ini, DPR memang menerima draft RUU omnibus law yang diserahkan oleh pemerintah untuk segera dibahas.

Mereka berasal dari kawasan Jabodetabek dengan jumlah 4 ribuan massa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya