Sekolah Libur, Anak-anak Pilih Berenang di Genangan Banjir

Anak- anak di Kampung Pulo Jakarta Timur berenang saat banjir. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVAnews / Rifki Arsilan

VIVAnews - Beberapa anak dari warga Mangga Dua, Jakarta Barat, memanfaatkan banjir di jalan Mangga Dua Raya sebagai sarana untuk berenang. Aktivitas itu mereka lakukan saat genangan banjir di ketinggian 30-40 centimeter akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Senin, 24 Februari 2020, malam.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Berdasarkan pantauan VIVAnews di lokasi pada pukul 13.30 WIB, anak-anak berusia antara 6 hingga 10 tahun tersebut berenang sambil bersenda gurau satu sama lainnya.

"Seru om," teriak Muhammad Oktan (8 Tahun) saat VIVAnews meminta keterangan, Selasa, 25 Februari 2020.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Oktan dan kawan-kawan adalah warga Mangga Dua yang juga terkena dampak banjir. Mereka mengaku memilih jalan raya yang diapit antara ITC dan Mall Mangga Dua karena airnya jauh lebih bersih dan jernih dari pada genangan di pemukiman mereka tinggal.

Mereka adalah siswa SD 03 Pinangsia Pagi, Mangga Dua Raya, Jakarta Barat. Ketika VIVAnews mengonfirmasi soal sekolah, mereka mengaku sedang diliburkan karena alasan banjir.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

"Libur om, nggak tahu masuknya kapan. Kalau nggak banjir pasti masuk," jawab Angga (10 tahun).

Di lokasi yang sama, Slamet Sholihin, anggota dari Polsek Pademangan, Jakarta Utara, sibuk mengarahkan para pengendara yang ingin melintas ruas jalan Bangga Dua Raya tak mempermasalahkan keberadaan anak-anak yang bermain di genangan tersebut.

"Tidak apa-apa," kata Slamet.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota. Di kawasan Kelapa Gading setidaknya terdapat 19 titik banjir. Ketinggian banjir di kecamatan itu pun bervariasi, antara 20 cm sampai 50 cm.

Pantauan VIVAnews di lokasi pada pukul 10.00 WIB, Selasa 25 Februari 2020, banjir yang menggenangi dua ruas jalan Mangga Dua Raya tersebut diperkirakan setinggi 30 sentimeter. Sebelumnya, ketinggian air di kawasan ini mencapai 60 centimeter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya