Anies Sebut Kelalaian Jadi Sebab Utama Kebakaran di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • Dok. Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut bahwa kelalaian, merupakan sebab utama terjadinya peristiwa kebakaran di ibu kota.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, selain fokus kepada penanganan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, harus mencegah juga kebakaran dengan mengedukasi agar masyarakat tidak lalai.

"Begitu banyak kejadian karena kelalaian, karena kecerobohan, khususnya ketika menyangkut kebakaran di kota kita. Masalah hubungan pendek arus listrik menjadi masalah klasik," ujar Anies di HUT ke-101 pemadam kebakaran di Disgulkarmat DKI, Jakarta, Minggu, 1 Maret 2020.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Anies menyampaikan, salah satu hal yang dilakukan, yaitu klasifikasi kampung-kampung aman kebakaran di Jakarta. Kampung yang dicap belum aman, selanjutnya harus memastikan keamanan utilitas listrik seperti sambungan listrik di lingkungan, juga di rumah-rumah warga.

"Kita secara serius sekarang melakukan program untuk pencegahan di kampung-kampung, membangun kesadaran masyarakat," ujar Anies.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Anies juga mengemukakan, fokus utama harus ditujukan kepada terhindarnya hubungan arus pendek listrik, serta masalah pada sambungan gas memasak. Anies ingin Disgulkarmat DKI, selanjutnya membuat kebakaran di Jakarta menjadi seminim mungkin.

"Umumnya kejadian kebakaran karena kelalaian listrik dan gas. Itu yang menjadi perhatian," ujar Anies.

Kebakaran restoran di Tangerang usai tersambar petir

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Bangunan pada restoran khas sunda Saung Bambu Mang Eking yang berada di Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, ludes terbakar pada Rabu, 17 April

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024