Transjakarta Operasikan 123 Rute, Tetap Terapkan 'Social Distancing'

Bus Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengoperasikan sebanyak 123 rute pada Selasa, 17 Maret 2020, setelah pengurangan layanan ekstrem diberlakukan pada Senin, 16 Maret 2020. 

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Menurut Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo, sekali pun rute yang dioperasikan ditambah, kebijakan social distancing sebagai strategi mencegah corona, tetap dilakukan.

"TransJakarta akan mengoperasikan 123 rute dari mulai pukul 05.00-22.00 WIB untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute layanan Armada Malam Hari (Amari) dari mulai pukul 22.00-05.00 WIB," ujar Nadia dalam keterangannya.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Nadia menyampaikan, dengan social distancing, pelanggan lebih diarahkan untuk mengantre di luar halte daripada berdesak-desakan di dalamnya. Di dalam bus, juga ada pengaturan jarak antarpenumpang, serta jumlah penumpang sehingga potensi penularan corona ditekan.

"Petugas TransJakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan," ujar Nadia.

Viral Keributan Terjadi antara Pengendara Mobil dan Supir Transjakarta, Ini Penyebabnya

Nadia mengemukakan, kebijakan tersebut diproyeksi berlangsung selama masa darurat corona di Jakarta yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga akhir Maret. Pemerintah lebih menganjurkan warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah daripada bepergian, untuk tidak semakin memperparah penularan corona.

"TransJakarta mengimbau masyarakat untuk tetap membatasi, hanya melakukan perjalanan yang benar-benar diperlukan, selalu jaga kesehatan dan ikuti arahan petugas saat menggunakan layanan TransJakarta," ujar Nadia.

Berikut beberapa kebijakan social distancing TransJakarta:

Rute yang beroperasi
- 15 rute BRT dalam koridor
- 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota
- 4  rute RoyalTrans
- 10 Rute Transjabodetabek
- 69 rute Mikrotrans

Jumlah penumpang di armada
- 60 penumpang untuk bus gandeng
- 30 penumpang untuk bus besar
- 15 penumpang untuk bus sedang dan Royaltrans
- 6 penumpang untuk Mikrotrans

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya