Tingkatkan Pengawasan, Gate 2 dan 4 Terminal 3 Bandara Soetta Ditutup

VIVA – Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kembali meningkatkan pengawasan kepada para penumpang. Salah satunya dengan menutup akses pintu masuk atau Gate 2 dan 4, di area keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk umum.

Arus Mudik 2024, AP II Catat 1,3 Juta Penumpang Lintasi Bandara Soetta

"Maksud dan tujuan (penutupan Gate) adalah untuk pengoptimalan dalam pengecekan suhu tubuh dari masing-masing calon penumpang maupun pengguna jasa yang mengantar kerabat ke Terminal 3," kata Plt Chief Officer in Charge Bandara Soetta, Dewandono Prasetyo Nugroho, Rabu, 18 Maret 2020.

Dia menjelaskan, PT Angkasa Pura II melakukan peningkatan pengawasan terhadap setiap orang akan masuk ke terminal keberangkatan. Sebelum melintasi Security Check Point (SCP) 1, setiap orang akan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan Thermo Gun.

AirNav Sebut Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Sabtu, Sehari 1.258 Penerbangan

"Para pengunjung bisa melewati gate lain yakni, 1, 3 dan 5. Di sana nantinya akan ada pemeriksaan suhu tubuh. Dan langkah ini pun, untuk mengoptimalkan pengukuran suhu tubuh pada calon penumpang atau pengguna jasa. Hal ini juga diberlakukan di seluruh Terminal 1 dan 2," ujarnya.

Peningkatan pengawasan ini untuk mendeteksi secara dini atau pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19. Jika terdapat pengunjung atau pengguna jasa bandara yang memiliki suhu tubuh di atas rata-rata, protokol kesehatan segera dilaksanakan.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

"Kami langsung berkoordinasi dengan Petugas Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta," ujarnya.

Sebelumnya, Angkasa Pura II jiga menerapkan social distancing di area terminal dengan memberikan jarak 1 meter sebagai penanda batas antrean bagi penumpang pesawat. Selain itu, melakukan penataan kembali pada boarding lounge dengan memberikan jarak satu bangku untuk dikosongkan.
 

Aktivitas penumpang pada puncak arus balik mudik 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang

Puncak Arus Balik, 179 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Terjadi pergeseran pergerakan penumpang di Bandara Soetta setelah pemerintah menerapkan WFH bagi ASN.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024