Corona Haruskan Siswa di Rumah, Buka Aplikasi Belajar Gratis

Siswa menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum sekolah diliburkan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fauzan

VIVA – Sejumlah aplikasi online mulai memberikan layanan gratis khusus bagi anak-anak sekolah yang sedang belajar di rumah. Hal ini dilakukan guna merespons imbauan pemerintah agar siswa belajar dari rumah menyusul merebaknya virus corona atau Covid-19.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Saat ini cukup banyak laman maupun aplikasi yang menyajikan fitur edukasi daring secara gratis. Salah satu aplikasi online yang ikut memberikan layanan gratis adalah Bahaso, aplikasi online belajar bahasa inggris.

Disampaikam CEO Bahaso, Allana Abdullah, layanan gratis ini diberikan selama 14 hari atau dua minggu terhitung sejak Kamis, 19 Maret 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Fasilitas ini diberikan sebagai bentuk kontribusi Bahaso untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan memanfaatkan media online atau memperkecil risiko penyebaran virus dengan menghindari tatap muka. Dengan layanan gratis ini, Allana ingin anak-anak sekolah tetap sehat, tetap belajar dan sekaligus pintar berbahasa Inggris.

“Bahaso memberikan kemudahan dengan memberikan kursus bahasa Inggris secara online kepada siswa-siswi yang sedang belajar di rumah sesuai dengan anjuran pemerintah. Mereka bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan menyenangkan dengan belajar bahasa Inggris gratis sehingga mereka bisa betah di rumah,” kata Allana Abdullah, Kamis 19 Maret 2020.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Allana menyebut, ketentuan mengenai belajar bahasa Inggris gratis dapat dilakukan dengan mengunjungi website maupun dengan download aplikasi Bahaso, dan mengikuti panduan yang sudah dibuat disana yaitu dengan mengklik “Panduan Kursus Bahasa Inggris Online Gratis – Respon Bahaso Melawan Covid-19”. Bahkan, para siswa yang belajar di rumah ini juga bisa menghubungi tutor Bahaso yang berpengalaman untuk  jam-jam tertentu.

Menurut Allana, semua pihak memang diharapkan bisa berkontribusi atau bergotong royong untuk melibatkan diri dalam pencegahan penyebaran coronavirus. “Ini semua demi Indonesia dan semoga masalah virus ini segera berlalu dan kondisi normal kembali. Kami juga serukan agar semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri, serta tetap belajar dengan menyenangkan di rumah masing-masing," katanya. 

Sementara aplikasi lain seperti Ruang Guru juga membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat.

Kemudian ada juga Zenius yang menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Lalu ada Google Suite for Education, yang menyediakan fitur-fitur untuk membantu siswa dan guru melakukan aktivitas belajar-mengajar. Selain itu ada Sekolahmu, yang menyediakan beragam materi belajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya