Viral Petugas Medis RSCM Pakai Kantong Plastik Sampah Buat APD

VIVA – Sebuah foto tersebar di WhatsApp Grup di mana petugas medis tengah memotong kantong plastik sampah untuk dijadikan alat pelindung diri (APD). Dalam foto tersebut tertulis kejadian ini terjadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. 

Motor Oleng Dan Terjatuh, Pasutri Tewas Tergilas Truk Di Plumpang.

Dalam kabar viral itu menyebut karena kekurangan APD, lantas di sana memakai kain sebagai pengganti APD. Sebelum dipakai kain dicuci terlebih dahulu. Terkait hal ini, pihak RSCM sendiri tidak mau berkomentar lebih jauh sebelum mengirimkan surat resmi.

"Mohon maaf kalau itu saya tidak bisa memberikan pernyataan. Bersurat saja ke Direktur Utama nanti akan ditunjuk narasumber yang akan menjawab," kata Koordinator Humas Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Yani saat dikonfirmasi VIVAnews, Senin 23 Maret 2020.

Sosok Perwira Polisi yang Tangani Kasus Bom Buku hingga Kehilangan Tangan Kiri

Dalam pesan viral di WA juga menyebut kalau di sana di IGD membuat apron dengan menggunakan kantong plastik sampah. Untuk itu, pesan tersebut meminta masyarakat membantu dengan cara diam di rumah saja.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara khusus penanganan corona, Achmad Yurianto, memaparkan per hari Minggu, 22 Maret 2020 jumlah orang yang terinfeksi virus itu menjadi 514 kasus. Yurianto menyatakan, data itu dihimpun sampai Minggu siang dari jumlah tersebut bisa diakumulasikan, sebanyak 29 pasien yang sembuh dan 48 meninggal.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Said Didu: Selamat Jalan Bang, Perjuanganmu Akan Kami Lanjutkan

"Ada penambahan kasus positif sebanyak 64 orang," kata Yurianto dalam keterangannya, Minggu 22 Maret 2020.

RSCM

RSCM dan Keluarga Pasien Buka Puasa Bareng

Lets Share Indonesia menggelar kegiatan buka puasa bersama dan talkshow dengan menghadirkan keluarga pasien dan pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024