Cegah Corona, 305 Warga Binaan Rutan Tangerang Dibebaskan

VIVA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tangerang membebaskan sebanyak 305 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui program asimilasi dan integrasi, berkenaan dengan proses pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pembebasan tersebut berdasarkan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 dan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi, dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Program telah dilaksanakan mulai 1 April 2020 hingga 7 April 2020 tanpa dipungut biaya. "Tidak pakai biaya sepeser pun. Total yang bebas ada 305 warga binaan. Sebanyak 297 orang melalui program asimilasi dan 8 orang melalui integrasi," kata Kepala Rutan Kelas I Tangerang Mujiarto, Rabu, 8 April 2020.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Program ini hanya berlaku pada tahun 2020. "Aturan baru ini dikeluarkan dengan alasan untuk mencegah penyebaran virus corona, mengingat populasi di dalam rutan dan lapas se-Indonesia sudah padat," ujarnya.

Sebelum pulang, warga binaan yang disetujui untuk asimilasi dicek kesehatannya oleh dokter dan perawat Rutan Kelas I Tangerang, dibantu oleh tenaga medis Puskesmas Jambe untuk memastikan kesehatannya. "Sebelum pulang kami pastikan dulu bahwa keadaan mereka sehat semua sebelum bertemu dengan keluarganya," katanya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Muji menambahkan, bagi mereka yang mendapatkan asimilasi dan integrasi tetap diberikan imbauan untuk tetap berada di rumah sebagai salah satu cara pencegahan penularan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Nanti mereka akan dipantau oleh petugas Bapas (Balai Pemasyarakatan) setempat, serta dikenakan wajib lapor dengan cara melakukan video call dengan petugas atau mengirimkan foto bersama keluarga," ujarnya.
 

Ikrar Napiter digelar secara hibrida di Lapas Gunungsindur Kabupaten Bogor, dan virtual di 8 Lapas Se-Indonesia.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Sebanyak 72 orang narapidana terorisme dari 9 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) seluruh Indonesia menyampaikan ikrar dan bersumpah setia terhadap NKRI.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024