Kadin Minta Riza Patria Bantu Pulihkan Ekonomi Jakarta Imbas Corona

VIVA – Dunia usaha di Jakarta berharap Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria segera mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meredam efek ekonomi dari wabah Corona. 

Riza Patria Ngaku Tidak Pernah Minta Jadi Cagub DKI ke Partai Gerindra

Menurut Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Sarman Simanjorang, wabah yang dikonfirmasi terjadi di Indonesia sejak awal Maret, sudah mematikan ekonomi di Ibu Kota.

"Pandemi Covid-19 ini membuat perekonomian DKI Jakarta lumpuh total," ujar Sarman di Jakarta, Rabu, 15 April 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Sarman menyampaikan, ekonomi Jakarta lumpuh karena Jakarta sendiri, adalah kota jasa yang penggerak utamanya adalah aktivitas masyarakat. Diredamnya aktivitas itu melalui imbauan work from home (WFH), dilanjutkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat berbagai sektor merugi sejak awal Maret.

"Dengan himbauan work from home dan kebijakan PSBB, praktis pergerakan masyarakat kian sempit dan kondisi ini sangat mematikan berbagai bidang usaha di DKI Jakarta," ujar Sarman.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Sarman juga mengemukakan, sektor yang paling terdampak misalnya pariwisata seperti hotel, restoran, kafe, katering, travel, pusat hiburan, juga transportasi hingga perdagangan, kuliner, serta aneka jasa. 

Jika tidak ada kebijakan terobosan dari DKI, bukan tidak mungkin, wabah akan mematikan juga sektor UMKM hingga merosotnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI.

"Kita pelaku usaha menaruh harapan besar kepada Wagub untuk dapat bekerjasama secara maksimal dengan pak gubernur menyelesaikan berbagai persoalan Jakarta," ujar Sarman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya