Gebrakan Anies, GOR Disulap Jadi Penampungan Tunawisma

VIVA – Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jadi persoalan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama Ramadhan di tengah pandemi Corona Covid-19. Para tunawisma ini menjadikan Ibu Kota sasaran mengeruk rezeki jelang Idul Fitri.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Mengantisipasi itu, Pemprov DKI era Gubernur Anies Baswedan mengubah sejumlah gelanggang olahraga (GOR) sebagai tempat penampungan sementara para tunawisma. 

Upaya ini juga sebagai cara untuk meredam penularan virus Corona di Jakarta. Mereka dikhawatirkan tinggal sembarang tempat seperti di pinggiran toko atau gerobak.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

GOR Ciracas, Jakarta Timur disiapkan jadi salah satu tempat hunian sementara masyarakat PMKS. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja tampak menyiapkan beberapa ranjang tempat tidur.

"Ya, sekarang sudah kita siapkan seperti ini. Sejumlah 100 velbed untuk PMKS. Ini untuk menghindari penyebaran Covid 19," ujar Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Jakarta Timur, Alawi di GOR Ciracas, Senin, 27 April 2020.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Alawi menjelaskan, PMKS yang terjaring razia di Jakarta Timur akan ditempatkan di GOR Ciracas untuk sementara waktu. Selama di GOR Ciracas, mereka akan diperiksa kesehatannya oleh tim Dinas Kesehatan.

"Nanti selama di sini akan ada dari Satpol PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan yang akan mengawasi dan memenuhi kebutuhan mereka. Kita lakukan ini juga untuk memutus mata rantai Covid 19," jelasnya.

Sementara itu, sejumlah PMKS terjaring razia Satpol PP di sejumlah kawasan di Jakarta Timur pada Senin siang 27 April 2020. Razia dilakukan lantaran banyaknya laporan dari masyarakat yang resah dengan keberadaan PMKS seperti manusia gerobak selama bulan Ramadhan.

Belasan PMKS yang terjaring razia kemudian lansung dibawa petugas ke GOR Ciracas, Jakarta Timur. GOR di Tanah Abang juga sudah diproyeksikan sebagai penampungan sementara tunawisma ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya