Jakarta Segera Miliki Jalur Sepeda

VIVAnews - Kota Jakarta mulai ramah terhadap pengguna sepeda. Tak lama lagi, Jakarta akan membangun jalur sepeda (bike way).

Melalui proyek percontohan Urban Park Connector, jalur sepeda itu akan mengambil rute Blok M-Monas. "Sekarang kita sedang mempersiapkan jalurnya. Akhir Desember mudah-mudahan sudah dapat dinikmati," kata Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta Ery Basworo kepada VIVanews, Senin 1 Desember 2008.

Proyek ini merupakan respons Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan jalur khusus bagi kendaraan non-motor yang aman dan nyaman. Proyek ini juga sekaligus sebagai solusi mengurangi kemacetan dan pencemaran udara berbiaya murah dengan teknologi sederhana, tetapi berdampak positif luas.

Jalur khusus sepeda selebar 1 meter itu, nanti akan memotong sisi kiri jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki. Rutenya, akan menghubungkan fasilitas-fasilitas kota seperti taman, air mancur, dan jalur hijau. "Ke depannya juga bisa sebagai pendukung moda Transjakarta dan kereta,"  ujarnya.

Jalur yang akan diujicobakan melewati rute Blok M (Taman Christina Martatiahahu) - Walikota Lama (Jalan Trunojoyo) - Jalan Pattimura - Air Mancur Senayan - Jalan Jenderal Sudirman - Semanggi - Jalan MH Thamrin - Monas.

Tahap selanjutnya akan diujicobakan jalur Menteng-Monas melalui Taman Suropati - Jalan Teuku Umar - Jalan Cut Mutiah - Jalan Menteng Raya - Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Barat - Monas. "Tapi untuk rute ini butuh usaha besar karena trotoarnya banyak yang sempit," ujarnya.