Arus Balik di Tol Cikampek Arah Jakarta Sempat Macet, Ini Penyebabnya

Larangan mudik polisi melakukan penyekatan kendaraan keluar Tol Cikarang Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat ada peningkatan kendaraan dan kepadatan di ruas tol Cikampek arah Jakarta, tepatnya pada Km 47, Selasa, 26 Mei 2020 dini hari. Namun, kepadatan kendaraan terjadi karena pemeriksaan pengemudi oleh petugas di pos check point.

Arus Balik Libur Tahun Baru 2024, Polisi Berlakukan One Way di Tol Cipali-Cikampek

"Kami patroli mengarah ke Bandung, melihat situasi, ada info melonjak arus balik karena hari ini sudah diberlakukan Pergub 47 masalah SIKM (Surat Izin Keluar Masuk)," ujar Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi M Indra Waspada saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 26 Mei 2020.

Kemacetan terjadi sekira pukul 02.00 WIB dini hari. Kemacetan sempat mengular di km 47 sepanjang sekitar 3 kilometer. Indra mengklaim setelah pos check point, kemacetan tidak terjadi lagi. Arus lalu lintas lancar.

Jadwal Lengkap Contraflow Tol Cikampek Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

"Memang disitu padat karena ada penyekatan di sana. Macetnya kurang lebih sekitar 3 kilometer, tapi setelah dari situ lewat dari penyekatan di situ sampai Cikarang Utama, Halim lancar terus," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Pantauan kami, sekitar jam 00.30 dan jam 02.00 WIB anggota sudah digelar dan pagi lapor situasi sepi. Macet karena penyekatan km 47 masalah SIKM memang 3 kilometer ekornya sampai km 50."

69.930 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Via Tol Cikampek saat Puncak Libur Natal 2023

Lebih lanjut, dia mengatakan, jika membandingkan H+2 lebaran tahun ini dengan tahun lalu, volume kendaraan dari arah Bandung melalui Cikampek ke arah Jakarta berbeda jauh. Tahun ini situasi jalur sangat renggang jika dibandingkan tahun lalu.

"Beda jauh, ini lebih lancar, ini berkaitan masalah pandemi. Semalam itu saya lihat dari arah Bandung enggak sepadat perbandingan di tahun kemarin untuk pantauan arus lalinnya. Begitu masuk km 47 macet itu, sebelum elevated macet di situ, sudah lepas situ sepi," katanya.
 

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Arus Balik Libur Nataru, 125.828 Kendaraan Dicatat Balik ke Jabotabek

Sebanyak 125.828 kendaraan kembali ke Jabotabek pada periode libur tahun baru 2024 (nataru) yang jatuh pada Minggu, 31 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
1 Januari 2024