Kemensos Kucurkan Rp371 Miliar bagi Penyandang Disabilitas

Kemensos beri bantuan terhadap penyandang disabilitas terdampak corona.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial (Dirjen Rehsos) Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Harry Hikmat mengatakan, pihaknya telah mengelontorkan anggaran sebesar Rp371 miliar untuk bantuan terhadap sejumlah penyandang disabilitas terdampak Covid-19.    

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Secara keseluruhan sampai hari ini itu tidak kurang 377 ribu penyandang disabilitas yang sudah menerima bantuan dan bahkan secara total rupiah sudah sekira Rp371 miliar,” katanya saat ditemui, usai memberikan bantuan paket sembako di kantor Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat, Selasa, 9 Juni 2020.

Anggaran itu, menurut Hary, diperuntukan secara khusus untuk penyandang disabilitas, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas yang tinggal bersama keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH). “Termasuk keluarga yang di Jabodetabek yang menerima bantuan sembako dan bansos tunai,” ujarnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Harry menegaskan, pihaknya mengakomodir semua penyandang disabilitas dari berbagai sumber, agar bisa menyentuh secara langsung. Terutama, mereka yang dalam kategori pra sejahtera.

Khusus di Depok, kata Harry, telah digelontorkan sebanyak 150 paket sembako untuk penyandang disablitas. Namun Harry berharap ada perhatian lain yang akan diberikan untuk mereka.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Kami berpikir bahwa untuk penyandang disabilitas bukan hanya sembako yang diterima tetapi juga perlu ada penguatan terhadap kondisi mereka yang sebetulnya kalau terkena Covid-19 dalam keadaan yang sangat memprihatinkan," ujarnya.

Dana Bansos DKI

Sementara di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontorkan anggaran untuk bantuan sosial warga Ibu Kota mencapai Rp5,3 triliun. 

"Kita sudah menyiapkan dana keseluruhannya itu kurang lebih Rp5,3  triliunan," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah di Jakarta di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juni 2020. 

Menurut Irmansyah, sesuai arahan dari pimpinan bahwa DKI Jakarta juga tetap memberikan bansos sejalan dengan pemerintah pusat sampai Desember. 

"Tapi secara teknis kami akan komunikasikan dengan Kemensos agar betul-betul DKI dengan Kemensos sejalan," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Kami sudah sepakati tahap dua dari DKI, tahap tiga dari Kemensos. Kan kita memberikan dalam bentuk sembako."  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya