Jelang Dibuka, Monas dan Ragunan Disemprot Disinfektan

Taman Margasatwa Ragunan
Sumber :
  • VIVAnews/Vicky Fazri

VIVA – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyemprotkan cairan disinfektan di Monumen Nasional (Monas). Penyemprotan ini menjadi bentuk sterilisasi menjelang dibukanya kembali sejumlah tempat wisata dalam kota. 

Dua Laki-laki Bawa Kabur Water Barrier di Ragunan, Ini Kata Polisi

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan, sebanyak 81 personel dikerahkan.

"Hari ini Dinas Gulkarmat DKI menyemprotkan cairan disinfektan di Monumen Nasional. Ini rangkaian kegiatan kami dan dibantu 81 orang personel Dinas Gulkarmat DKI," kata Satriadi di Monas, Rabu 17 Juni 2020. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ia menjelaskan, penyemprotan disinfektan di Monas ini terbagi dalam empat regu. Regu 1 dan 2 menyemprotkan disinfektan di Tugu Monas, sedangkan dua regu sisanya di dalam museum Monas.

"Cairan disinfektan yang digunakan sesuai prosedur dari Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan DKI Jakarta. Kami gunakan kaporit 50 persen, sudah SOP Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan," jelas Satriadi.

Viral! Dua Laki-laki Bawa Kabur Water Barrier di Ragunan, Warganet: Tangkap

Sementara itu, Kepala Seksi Ketertiban Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Dedy mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui tentang kejelasan waktu dibukanya kembali Monas. Pihaknya masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sampai sekarang belum ada informasi pasti. Kami masih menunggu arahan dari pemerintah provinsi," ujarnya.

Ragunan Juga Disemprot Disinfektan

Tak hanya tempat wisata Monas, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan. Ragunan diketahui akan dibuka pada 20 Juni mendatang.

Sebanyak 80 personel dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan di area Ragunan demi upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Jadi hari ini kita melaksanakan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan dengan mengerahkan 80 personel. Sekitar 13 unit dan 20 alat sprayer yang digunakan petugas," kata Satriadi.

Satriadi melanjutkan, petugas damkar melakukan penyemprotan di area publik seperti jalan, trotoar, taman, dan fasilitas umum lainnya. Sementara itu, area kandang, pembersihan dilakukan oleh petugas internal TMR.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Widodo, menambahkan, jelang dibukanya Taman Margasatwa Ragunan pada Sabtu, 20 Juni 2020, pihaknya sudah menyiapkan berbagai protokol kesehatan bagi para pengunjung.

"Dari pintu masuk kita sudah mempersiapkan keset disinfektan untuk para pengunjung, lalu dilakukan pengecekan suhu tubuh, bila nantinya di atas 37 derajat celsius kami tolak. Juga ada hand sanitizer dan wastafel di dekat pintu loket," ujar Widodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya