Polda Jabar Amankan Enam ASN Terkait Pungli Pencetakan KTP-el

Ilustrasi uang hasil pungli.
Sumber :

VIVA – Tim Saber Pungli Polda Jawa Barat melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada enam pegawai Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Mereka terdiri dari satu kepala bidang dan lima staf.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

Mereka dibawa ke Mapolresta Cirebon untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Tim Saber Pungli menyita barang bukti berupa sejumlah uang lebih dari Rp10 juta dan kepingan KTP. Uang tersebut diduga merupakan hasil pungli terkait pencetakan KTP elektronik yang seharusnya gratis.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, M. Syafrudin membenarkan adanya OTT terhadap enam pegawai Disdukcapil Kabupaten Cirebon pada Kamis sore, 25 Juni 2020.

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

Adapun enam pejabat yang terkena OTT terdiri dari Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, dua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tiga pegawai honorer. Ia menyesali adanya penangkapan enam pegawainya yang melakukan praktek pungli.

Enam pegawai Disdukcapil Kabupaten Cirebon hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolresta Cirebon. Kasus ini tengah ditangani Tim Saber Pungli Polda Jawa Barat.

Eks Penyidik Robin Pattuju Diperiksa soal Kasus Pungli di Rutan KPK

Laporan Erfan: Septyawan/ TvOne

Viral Trotoar Berbayar di Pejompongan Raya, Jakarta Pusat

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Viral di media sosial sekelompok pemuda melakukan pungutan liar (pungli) kepada para pemotor agar dapat melintasi trotoar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024