Car Free Day di Jakarta 21 Juni Dikunjungi Lebih dari 40 Ribu Orang

Seorang polisi bersiaga di area kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah mengevaluasi kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) alias Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu, 21 Juni 2020. Berdasarkan hasil kajian itu, terjadi antusiasme masyarakat mengikuti olahraga di sana.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

"Berdasarkan hasil perhitungan Dishub DKI pada 28 lokasi akses masuk Sudirman Thamrin terdapat 40.155 peserta yang menghadiri HBKB kemarin terdiri dari 21.342 pejalan kaki dan kurang lebih 18.813 pesepeda," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat, 26 Juni 2020.

Itu di luar warga yang beraktivitas di HBKB kemarin menggunakan MRT, Transjakarta, kendaraan pribadi dan parkir pada gedung-gedung sekitar Sudirman Thamrin. "Artinya jumlah peserta yang datang pada HBKB kemarin lebih tinggi dibanding 40 ribu yang kami hitung di 28 jalan akses," ujarnya.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Sebab itu, sesuai arahan Gubernur Anies Baswedan, melihat antusiasme masyarakat dalam berolahraga, ia melakukan distribusi pelaksanaan kegiatan olahraga ke 5 wilayah kota Provinsi DKI Jakarta, yang meliputi, antara lain:

- Delapan lokasi di Jakarta Pusat yang terdiri dari Jalan Suryopranoto, Jalan Percetakan Negara Dua, Pejagalan Raya, Paseban Raya, Jamrut Raya, Amir Hamzah, Pramuka Sari Satu, dan Danau Tondano;

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

- Delapan lokasi di Jakarta Barat yang terdiri dari Jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, Puri Harung, Puri Ayu, Puri Elok, Puri Molek, Puri Aim 1, Puri Molek 1;

- Lima lokasi di Jakarta timur, yakni Jalan Pemuda, RA Fadillah, Inspeksi BKT, Raden Inten, dan Bina Marga;

- Lima lokasi ruas jalan di Jakarta Selatan, yakni Jalan layang non-tol Antasari, Iskandar Muda, Tebet Barat Dalam Raya, Kesehatan Raya, dan Cipete Raya.

- Enam ruas jalan di Jakarta Utara, yakni Jalan Sunter Selatan, sisi inspeksi Kali Sunter SPS, Kelapa Hibrida, Pulau Maju Bersama, Benjamin Suep/Pademangan Timur, dan Arteri Pegangsaan Dua.

"Dengan distribusi ke 5 wilayah kota untuk olahraga warga pada 32 kawasan khusus pesepeda, kami harapkan warga Jakarta yang melakukan aktivitas olahraga dapat langsung menuju kawasan-kawasan tadi dan tidak perlu menuju Sudirman-Thamrin," katanya.

HBKB di Sudirman-Thamrin ditiadakan namun tetap disiapkan jalur sepeda sementara sebagaimana yang saat ini sudah berjalan. Untuk itu, dia berharap warga Jakarta pada masa pelaksanaan PSBB tiga periode lalu yang sudah sedemikian taat, patuh, serta menjalankan pelaksanaan PSBB, termasuk menjalankan protokol kesehatan, individu dengan kebiasaan menjalankan protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya