Antre Panjang di Stasiun, Pengguna KRL Catat Rekor Baru Selama Pandemi

Antrean panjang penumpang KRL di stasiun Citayam, Bogor
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – PT Kereta Commuter Indonesia atau PT KCI mencatat, jumlah pengguna Kereta Rangkaian Listrik atau KRL pada Senin 6 Juli 2020 kemarin kembali mencapai jumlah tertinggi selama masa pandemi Virus Corona di Indonesia. Pengguna KRL kemarin tercatat sebanyak 419.292 orang. 

KRL Commuter Line Anjlok di Antara Stasiun Kampung Bandan-Rajawali

Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengungkapkan, catatan tertinggi terakhir pada masa pandemi ini terjadi pada akhir Juni lalu.

"Angka (Juli) ini melewati catatan tertinggi jumlah pengguna KRL di masa pandemi COVID-19, yang sempat terjadi pada Senin 29 Juni 2020 sebesar 393.498 pengguna KRL, atau meningkat 6 persen," kata Ane dikutip dari keterangan, Selasa 7 Juli 2020.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Anne menjelaskan, peristiwa ini yang buat antrean semakin panjang di sejumlah stasiun, salah satunya yang terlihat di Stasiun Bogor pada Senin kemarin. Volume pengguna KRL kemarin di Stasiun Bogor tercatat sebanyak 19.452 orang, atau naik 9 persen dibanding hari Senin pekan lalu.

Melihat tren kenaikan jumlah pengguna dan antrean yang semakin panjang, PT KCI kembali mengingatkan pentingnya para pengguna untuk sebisa mungkin menghindari bepergian dengan KRL di jam-jam sibuk.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Jika harus bekerja, KCI mengimbau semua pihak untuk mengikuti pembagian jam kerja secara bertahap atau shift. Hal itu sesuai arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional.

Baca Juga: BI dan Kemenkeu Berbagi Beban, Rupiah Menguat

Anna memastikan, PT KCI akan selalu mengupayakan kelancaran antrean, dengan pengaturan jaga jarak secara tegas dalam setiap zona. Secara berkala, mereka juga menginformasikan kondisi antrean di sejumlah stasiun melalui aplikasi KRL Access dan twitter @commuterline.

Diketahui, pada lintas yang kapasitas infrastruktur perkeretaapiannya masih memungkinkan, PT KCI juga menambah frekuensi perjalanan KRL. Hal ini dilakukan misalnya pada lintas Tangerang-Duri PP, yang sejak kemarin terdapat penambahan 10 perjalanan kereta.

Namun di banyak lintas lainnya, frekuensi perjalanan KRL telah sesuai dengan kapasitas dari infrastruktur yang tersedia. Dengan penambahan mulai kemarin, total perjalanan KRL mencapai 947 perjalanan per hari atau 95,5 persen dari perjalanan KRL di waktu normal sebelum pandemi COVID-19.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya