Ganjil Genap Berlaku Lagi, Transjakarta Tambah Operasional 155 Bus

Bus Rapid Transit, Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Transjakarta menambah armada mereka jelang pemberlakuan sistem ganjil genap (Gage) kembali di Jakarta. Sebanyak 155 unit bus di 10 ruas koridor bakal mengaspal dan bersinggungan dengan ruas ganjil- genap atau pembatasan kendaraan pribadi.

Catat Ini Jadwal One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran

"Penambahan sebesar 25 persen atau 155 unit armada ini mulai disterilisasi dan disiapkan secara teknis untuk diluncurkan hari Senin esok," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, Minggu 2 Agustus 2020.

Transjakarta, menurutnya, menambah armada memang bertujuan mengantisipasi lonjakan penumpang. Terlebih selama pandemi, pemberlakuan ganjil-genap ditiadakan.

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

"Tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan COVID-19 yaitu 50 persen dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte pada jam-jam di mana sistem gage," kata dia.

Baca juga: Mulai Senin, Ganjil Genap Kembali Diterapkan di DKI Jakarta

Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Hari ke 2 Lebaran Padat, Polisi Berlakukan Ganjil Genap dan Oneway

Nadia tetap mengimbau, bagi para penumpang mengikuti protokol kesehatan selama di dalam bus. Transjakarta juga berpesan, jika mengharuskan ke luar rumah, dipastikan kondisi tubuh benar – benar fit dan sehat.

"Penerapan gage di masa pandemi diadakan untuk membantu warga mengatur waktu perjalanan lebih terencana dengan baik sehingga mengurangi penumpukan di area perkantoran pada satu waktu," ujarnya.

Adapun, keseluruhan armada tersebut akan di sebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan gage.

Sepuluh koridor Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dan penambahan armada terkonsentrasi adalah berikut ini:

Koridor 1: Blok M - Kota
Koridor 2: Pulogadung 1 - Harmoni
Koridor 3 : Kalideres – Pasar Baru
Koridor 4: Pulogadung 2  - Tosari
Koridor 5: Kampung Melayu - Ancol
Koridor 6: Ragunan – Tosari
Koridor 7: Kampung Rambutan – Kampung Melayu
Koridor 8: Lebak Bulus - Harmoni
Koridor 9: Pinang Ranti  - Pluit
KORIDOR 10 PGC 2 – Tanjung Priok

Sementara, Bus Transjakarta juga melakukan pengoperasian kembali tiga rute non koridor untuk melayani 5 (lima) Rusun mulai tanggal 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi COVID-19 yaitu:

1.  L2 Pulogadung – Harmoni Via Pramuka
2. 10D Kampung Rambutan – Tanjung Priok
3. 2F Rusun Cakung Barat - Pulogadung
4. 3A Rusun Pesakih - Kalideres
5. 11B Rusun Rawabebek - Penggilingan
6. 11C Rusun Pinus Elok – Rusun Pulo Gebang
7. 11K Rusun Komarudin - Penggililngan (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya