Tiga Hari ke Depan Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Belum Disanksi

Kendaraan melintasi papan informasi penerapan sistem ganjil genap di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Semanggi, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pemberlakuan sistem ganjil-genap kendaraan mulai diterapkan lagi di Jakarta, mulai Senin, 3 Agustus 2020. Sistem ganjil-genap ini berlaku untuk 25 ruas jalan di Ibu Kota. Salah satunya di ruas Jalan Fatmawati, mulai dari Simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan Simpang Jalan TB Simatupang , Jakarta Selatan.

Jadwal Lengkap dan Lokasi Contraflow, One way dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024

Namun, pantauan di ruas jalan tersebut, sejumlah petugas terkait belum memberikan sanksi tilang sebab pengendara yang melintas masih menaati aturan ganjil-genap tersebut.

Baca: Ganjil Genap Berlaku Lagi di Jakarta, Sanksi Tilang Belum Diterapkan

Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Sri Widodo mengatakan selama tiga hari ke depan, penerapan sistem ganjil-genap masih berupa sosialisasi terhadap pengguna jalan.

"Sementara tiga hari ke depan perintah masih diberikan sosialisasi," ujar Sri ketika dikonfirmasi, Senin, 3 Agustus 2020

1 Juta Kendaraan Diprediksi Balik Jakarta, Polda Metro Siapkan Strategi Agar Tidak Macet

Sosialisasi tersebut berupa teguran kepada pengguna jalan. Untuk tiga hari ke depan, belum dilakukan penindakan atau tilang terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan pelat nomor ganjil-genap.

Untuk Diketahui, penerapan sistem ganjil-genap telah diatur dalam Peraturan Gubernur Jakarta Nomor 51 Tahun 2020. Dalan peraturan itu menjelaskan tentang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada massa transisi menuju adaptasi kebiasaan baru.
 
Pemberlakuan sistem ganjil genap kendaraan mulai diterapkan lagi Senin,3 Agustus 2020. Sistem ganjil genap ini berlaku untuk 25 ruas jalan di Ibu Kota Jakarta.

Beberapa lokasi itu di antaranya Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. 

Pantauan di ruas jalan tersebut, sejumlah petugas terkait belum memberikan sanksi tilang. Para pengendara yang melintas masih menaati aturan ganjil genap itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya