Update Corona DKI 3 Agustus 2020: Positif Tambah 489, Total 22.443 

Tes usap atau swab test atas pedagang pasar. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani, mengungkapkan ada penambahan kasus positif sebanyak 489 kasus pada Senin, 3 Agustus 2020. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Baca juga: Update Corona Nasional 3 Agustus 2020: Total Meninggal Jadi 5.302

"Jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta pada hari ini sebanyak 22.443 kasus," kata Fify di Jakarta. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Dari jumlah tersebut, 14.165 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 867 orang meninggal dunia. Sedangkan, jumlah kasus aktif di Jakarta saat ini sebanyak 7.411 kasus atau orang yang masih dirawat dan isolasi.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 6,9 persen, sedangkan Indonesia sebesar 14,8 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen. 

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Namun, persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi. Bila jumlah tesnya sedikit (tidak memenuhi standar WHO), maka indikator persentase kasus positif patut diragukan.

Selama vaksin belum tersedia, maka penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan. 

Perlu diingat selalu untuk memperhatikan dan menjalankan prinsip-prinsip ini dalam berkegiatan sehari-hari, tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak, selalu jalankan 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1,5-2 meter, dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin.

Kemudian, seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50 persen dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. "Ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Fify. (ren) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya