Mengejutkan, Hari Penindakan Ganjil Genap Pengemudi Kebanyakan Taat

Ganjil genap Jakarta berlaku lagi di new normal
Sumber :
  • VIVA/Kenny Putra

VIVA – Hari pertama penindakan aturan ganjil genap (gage) di kawasan Jakarta Timur, para pelanggar dilaporkan berkurang drastis. Di kawasan Jalan Pemuda, Rawamangun contohnya. Dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, hanya ada empat pelanggar aturan ganjil-genap. 

10 Jam Berlakukan One Way Jalur Puncak, Polisi Klaim Kendaraan Arah Jakarta Ramai Lancar

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, Kompol Telly  BW mengatakan, jumlah pelanggar aturan ganjil genap menurun dibandingkan pada masa sosialisasi pemberlakuan kembali aturan ganjil genap di Jakarta.

"Lebih banyak pelanggaran saat sosialisasi. Kurang lebih saat sosialisasi dalam sehari ada 60 pelanggar. Hari ini ada tiga pelanggaran. Mereka dari Arion Pemuda akan ke Rawamangun," kata Telly di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.

Jadwal Lengkap dan Lokasi Contraflow, One way dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024

Dari para pelanggar yang ditindak, kesemuanya berasal dari daerah Jawa barat yang mengaku tidak mengetahui titik penerapan ganjil genap di Jakarta. Di Jakarta Timur terdapat 3 titik penerapan aturan ganjil genap yaitu di traffic light Utan Kayu, yang kedua di traffic light Rawamangun dan ketiga adalah traffic light Halim Baru.

Di sisi lain, Kasudinhub Jakarta Timur Benhard Hutajulu berharap saat pemberlakuan aturan ganjil genap masyarakat tidak beralih ke angkutan umum. Hal ini mengingat protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Hindari Jalur Puncak, Ada Pemberlakuan Oneway Lebih Lama 2 Kali Sehari dan Titik Gage Ditambah

"Namun demikian yang kita harapkan penerapan ganjil-genap ini juga tidak meminta warga untuk pindah ke angkutan umum. Namun meminta warga untuk stay at home. Work from home," ujar Benhard di kawasan Rawamangun.

Benhard menambahkan, perusahaan juga dapat memberlakukan shift kerja dengan 50 persen pekerja menyesuaikan aturan ganjil genap. Selain itu pada hari pertama penindakan pelanggaran aturan ganjil genap di Jakarta Timur tidak terjadi lonjakan penumpang yang signifikan. (lis)


Baca juga: Dibuka Menghijau, IHSG Diprediksi Menguat di Awal Pekan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya