Wagub DKI: Kalau Angkanya Buruk Sekali, Balik ke PSBB Sebelum Transisi

Pemeriksaan kendaraan selama PSBB di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan berakhir pada hari ini, Kamis, 13 Agustus 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan langsung mengumumkan terkait PSBB itu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Ya, nanti sore ini pak gubernur akan memimpin rapat evaluasi. Kita lihat hasilnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Achmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Sebut PSBB Lokal Efektif Tekan Penularan Corona

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ia pun menyampaikan pandangan alternatif. Pertama, jika hasilnya memang baik sekali, akan memasuki masyarakat sehat, aman, dan produktif. Namun, jika sebaliknya akan kembali diperpanjang PSBB transisi.

"Kalau sebaliknya angkanya buruk sekali maka kita akan melakukan emergency break kembali masa PSBB sebelum transisi ya, atau masa sebelumnya," katanya. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Kemudian, kata dia, kalau angkanya diperkirakan masih di tengah-tengah mungkin diberlakukan perpanjangan PSBB transisi. 

"Nah, sekali lagi kita akan lihat, tergantung pada data-data yang kami cermati dan analisa yang kami teliti," jelasnya. 

Namun, ia bersyukur, meski ada angka penyebaran di Ibu Kota, angka kematiannya kecil. Ia bilang angka kematian jauh dibandingkan dari angka kematian nasional. Kata dia, angka kematian karena Corona di Jakarta sudah 3,6 persen.

Menurutnya, dengan penanganan dan tes COVID-19 ke warga Ibu Kota secara masif membantu kecepatan penanganan.

"Sehingga kami bisa banyak menemukan titik-titik, tempat-tempat penyebaran yang langsung mengambil langkah-langkah penanganan dan Alhamdulillah angka yang sembuh sangat besar sekali, signifikan," tuturnya. 

Selanjutnya, kata dia, angka meninggal dunia juga kecil. Ia berharap hal ini menjadi pertanda yang baik. Sebab Jakarta termasuk provinsi yang baik dalam penanganan COVID-19. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya