Peringati HUT RI ke-75, Anies Sebut Tenaga Medis Pahlawan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara ILC tvOne.
Sumber :
  • tangkapan layar tvOne

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memimpin upacara hari raya Kemerdekaan RI yang ke-75. Dari Balai Kota tempatnya berkantor, Anies mengatakan sebuah kemerdekaan direbut lewat jalan yang panjang.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Baca Juga: Ingat, 10.17 WIB Berdiri Tegak Peringati Detik-detik Proklamasi

"Bahkan setelah memegang penuh kemerdekaannya, berkali-kali ujian terus datang kepada bangsa kita. Namun, setiap kali pula Allah SWT berikan kekuatan pada kita untuk bangkit menghadapinya. Kita terus membuktikan bahwa kita bukan bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya dan bukan bangsa yang tidak mampu berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka," kata Anies, Senin 17 Agustus 2020.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Anies bilang, situasi peringatan kemerdekaan tahun ini amat berbeda. Musuh, kata dia, kini tidak terlihat. Bahkan, hal ini juga dirasakan seluruh dunia yakni merasakan pandemi COVID-19.

"75 tahun Indonesia Merdeka, adalah saat di mana kepahlawanan kembali bermunculan di sekitar kita. Saat di mana kita saksikan, ribuan dokter, perawat, seluruh tenaga kesehatan, tanpa ragu meletakkan dirinya sebagai benteng pertahanan terakhir melawan pandemi," tutur mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Anies bilang, 75 tahun Indonesia merdeka adalah ajang perjuangan dan kebersamaan. Bagi dia saat ini adalah momentum krusial melakukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, serta mengesampingkan hal-hal mengganggu keberhasilan perjuangan.

"75 tahun Indonesia Merdeka akan menjadi catatan sejarah yang dikenang sepanjang masa, dan kita adalah bagian darinya. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah janji kemerdekaan yang menjadi tanggung jawab konstitusional pertama dan terutama bagi kita," tutur Anies.

Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Pakar komunikasi politik mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ke KPU menyiratkan peluang parpol pengusungnya bergabung dengan koalisi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024