Rumah Warga di Sawah Besar Kebakaran, Damkar Kesulitan Masuk Lokasi

Kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kartini, Sawah Besar, Jakpus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA – Sejumlah rumah warga di RT 03 RW 09, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat terbakar, Selasa, 18 Agustus 2020, pukul 22.52 WIB. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) sempat kesulitan mencapai titik api lantaran berada di gang sempit. 

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Azril Rizal mengatakan, pihaknya menerima laporan terkait kebakaran tersebut pada pukul 22.52 WIB dan langsung menerjunkan sejumlah unit mobil damkar ke lokasi. 

Baca juga: Pabrik Triplek di Jambi Terbakar, Karyawan Berhamburan

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

"Setelah menerima laporan, unit pertama tiba di lokasi sekitar pukul 22.58 WIB karena lokasinya tidak jauh dari pos damkar terdekat. Akan tetapi, kami sempat mengalami kesulitan untuk mengakses titik kebakaran karena lokasi kebakaran berada di gang sempit dan banyak kendaraan yang di parkir di sisi kiri kanan jalan," kata Azril saat ditemui di lokasi, Rabu dinihari, 19 Agustus 2020. 

Namun, lanjut Azril, api berhasil dikuasai dan dipadamkan dalam kurun waktu 40 menit atas kerja sama dengan warga sekitar lokasi kebakaran. Hingga saat ini, setelah berhasil dipadamkan, lokasi kebakaran masih dalam proses pendinginan. 

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

"Kami menerjunkan 13 unit mobil damkar dan unit pendukung lainnya. Personel ada sekitar 50 orang. Pemicu kebakaran saat ini belum diketahui karena masih proses pendinginan, tetapi dugaan sementara diakibatkan oleh arus pendek listrik atau korsleting," ujarnya.  

Sementara itu, di lokasi kebakaran juga telah diterjunkan tim medis dari Palang Merah Indonesia (PMI), Tagana, TNI, Polri, dan tim lainnya untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak kebakaran tersebut.

"Sejauh ini belum ada korban jiwa. Besaran kerugian akibat peristiwa kebakaran ini juga belum diketahui," ujar Azril. 

Kejadian kebakaran di Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat ini sempat membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah. Sebagian warga meninggalkan rumah dengan membawa tas dan beberapa barang lainnya yang berhasil diselamatkan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya