Ditlantas Polda Metro Siap Tambah Personel Jaga Stasiun KRL

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Meninjau Stasiun Tanah Abang
Sumber :

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, melakukan pengecekan terhadap penerapan protokol kesehatan para penumpang dan warga yang ada di sekitar stasiun. Protokol seperti jaga jarak dan penggunaan masker, dalam rangka menghindari penyebaran COVID-19.

Anggota DPR: Surat Edaran Prokes Sudah Perhatikan Perkembangan

Stasiun kerap kali menjadi ramai dan mengabaikan protokol kesehatan, saat antre masuk dan keluar kereta. Beberapa video yang beredar di media sosial, membuat pihak Ditlantas turun mengecek kondisi di lapangan.

"Hari ini, kami dari Polda Metro Jaya, khususnya jajaran Ditlantas melaksanakan pengecekan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang. Pengecekan ini juga sebagai tindak lanjut dari sebuah video yang sempat viral di media sosial, yang berisi kepadatan penumpang yang mengantre di stasiun," kata Sambodo, Senin 24 Agustus 2020.

Kasus COVID-19 di Indonesia Melandai, Masih Perlukah Vaksin Booster Kedua?

Baca juga: Pagi Ini Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek Naik 10-30 Persen

Namun, lanjut Sambodo, pada pantauan Senin pagi 24 Agustus 2020, kondisi antrean penumpang yang turun dari kereta dan yang hendak naik sudah cukup teratur. Kemudian, kewajiban untuk mengenakan masker juga sudah dilakukan.

Pencabutan PPKM akan Diterapkan Akhir Tahun Ini?

Selain itu, setiap penumpang yang hendak naik kereta harus melalui tahapan pengecekan suhu tubuh. Penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, juga sudah dipenuhi dengan baik.

"Hanya mungkin yang perlu diperbaiki adalah penumpang yang turun dan naik kereta harus diawasi secara ketat. Karena, di Stasiun Tanah Abang ini, setiap harinya melayani sekitar 60 ribu penumpang. Frekuensi KRL yang banyak tentu akan mengurangi kepadatan di stasiun dan pengaturan penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan menjadi lebih efektif," lanjutnya. 

Ia menambahkan, ke depannya, pihak Ditlantas akan menerjunkan personel untuk membantu mengamankan situasi di masing-masing stasiun KRL. "Keterlibatan personel ini khususnya pada pagi dan sore hari, ketika terjadi peningkatan penumpang. Kita mengantisipasi supaya tidak terjadi kerumunan," tutur Sambodo.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengecekan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan COVID-19 ini, pihak Ditlantas juga membawa sejumlah banner dan poster yang berisi imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Banner dan poster ini dipajang di pintu utara Stasiun Tanah Abang. 

Selain itu, tampak sejumlah personel lainnya berkeliling sambil menyampaikan secara langsung imbauan terkait protokol kesehatan tersebut. Penyampaian imbauan ini dilakukan dengan menggunakan pengeras suara. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya