Jembatan Penyeberangan Bank Indonesia Dibongkar, Mulai dari Sisi Barat

Jembatan penyeberangan orang (JPO) Bank Indonesia mulai dibongkar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus.

VIVA - Proses pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) Halte Transjakarta Bank Indonesia memasuki tahap pertama. Pembongkaran JPO ini akan dilakukan dalam 5 tahap, yang akan berlangsung sampai 19 September 2020.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Kepala Departemen Corporate Communication PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, mengatakan pada tahap pertama ini, pihaknya sedang membongkar JPO sisi barat. Selanjutnya, akan dilakukan ke bagian tengah, lalu akan bergeser ke bagian timur JPO.

"Pembongkaran JPO ini sudah berlangsung sejak 4 September 2020, hingga 19 September 2020. Targetnya, pada tanggal 20 September 2020 nanti, seluruh proses pembongkaran akan selesai dan akan dilakukan pada tahapan selanjutnya," kata Pratomo, saat ditemui di lokasi, Selasa dinihari, 8 September 2020.

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Baca juga: Polisi Buru Pelaku Vandalisme di JPO GBK

Lebih lanjut, Pratomo mengungkapkan bahwa area di sekitaran JPO Bank Indonesia ini akan menjadi Stasiun MRT MH Thamrin, yang masuk dalam proyek MRT fase 2.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Menurutnya, potongan JPO ini akan dibawa ke tempat penyimpanan kontraktor, di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Timur. Selama proses pembongkaran ini dan selama proses konstruksi MRT fase 2 berlangsung, masyarakat dapat menggunakan pelican crossing yang tersedia saat ini.

"Nantinya, halte Transjakarta ini akan dibuatkan halte temporary di sisi barat dan timur Jalan MH Thamrin tersebut. Namun, untuk sementara, selama proses konstruksi berlangsung, masyarakat atau penumpang Transjakarta dapat menggunakan pelican crossing atau zebra cross yang telah tersedia. Jadi akan berubah seiring pembangunan stasiun MH Thamrin ini berlangsung," katanya.

Ia menambahkan Stasiun MRT MH Thamrin ini akan terkoneksi dengan halte TransJakarta.

"Seperti halnya yang kami terapkan di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI). Akan ada koneksi antara stasiun MRT dengan halte Transjakarta. Jadi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta, dapat mengaksesnya secara langsung," kata Pratomo.

Saat ini, jelas Pratomo, proses konstruksi MRT fase 2 telah sudah masuk ke dalam tahap pembongkaran utilitas, pemindahan utilitas, pemindahan pohon, dan sebagainya. Namun, saat ditanya mengenai pohon yang dipindahkan akan diganti, pihak MRT tidak memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

"Untuk sekarang, kami fokus ke pembongkaran JPO saja. Mengenai pohon yang dipindahkan akan diganti, akan kami sampaikan di kesempatan lain saja," katanya.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi pada saat proses pembongkaran JPO Bank Indonesia sedang berlangsung, tampak sebanyak 5 mobil truk tronton disiagakan di lokasi untuk memindahkan potongan jembatan tersebut.

Selain itu, ada sebuah alat berat rough terrain yang digunakan untuk mengangkat potongan jembatan ke truk tronton yang telah disiapkan.

Tampak pula sejumlah pekerja konstruksi sedang melakukan proses pemotongan dan 2 personel kepolisian yang sedang mengamankan situasi selama proses pemotongan jembatan berlangsung. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya