Lahan Makam Jenazah Pasien Corona di TPU Pondok Ranggon Nyaris Penuh

TPU Pondok Rangon Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA / Kenny (Jakarta)

VIVA – Lahan pemakaman jenazah COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, diperkirakan habis pada Oktober 2020. Hal tersebut lantaran terus meningkatnya angka kematian akibat COVID-19.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Sejak awal pandemi COVID-19, sudah ada tiga blok makam yang digunakan untuk pemakaman jenazah COVID-19. Terhitung sejak 31 Agustus saja, TPU Pondok Ranggon masih menyisakan lahan untuk memakamkan 1.100 jenazah COVID-19. 

"Untuk TPU Pondok Ranggon mungkin di pertengahan Oktober sudah kritis. Minggu lalu aja yang dimakamkan mencapai 180," ujar Kepala Regu PJLP, Nadi, Selasa 8 September 2020.

Rupanya Hal Ini yang Buat Oki Rengga Emosi saat Mengantarkan Jenazah Babe Cabita

Dalam satu bulan, jenazah yang dimakamkan bisa mencapai 700 sampai 720 orang. Saat ini, blok pemakaman jenazah COVID-19 hanya menyisakan satu blok dan diperkirakan habis pada  Oktober. 

"Jadi untuk bulan September masih aman. Untuk bulan Oktober diperkirakan hanya 380 sampai 400 makam yang tersisa," tutur Nadi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Rencananya dalam beberapa hari ke depan, petugas pemakaman akan membuka lahan baru khusus pemakaman jenazah COVID-19. Selain itu, Nadi berharap jenazah COVID-19 menurun dari hari ke hari, sehingga menandakan warga sudah terbebas dari pandemi. (art)

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Gaza

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa 23 April 2024 menyerukan penyelidikan internasional terhadap laporan kuburan massal di dua rumah sakit Gaza yang hancur

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024