369 Pekerja Positif Corona, Kapolda Metro Sempat Datangi Pabrik Epson

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana.
Sumber :
  • VIVAnews/ Foe Peace Simbolon

VIVA – Sebanyak 369 orang pekerja pabrik PT Indonesia Epson Industry (IEI) yang berlokasi di kawasan Industri Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, terkonfirmasi positif COVID-19. Jumlah pekerja yang terpapar COVID-19 terus bertambah seiring dilakukannya tes swab kepada para pekerja.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dari penelusuran VIVA, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana sempat melakukan pengecekan protokol kesehatan di PT Epson Indonesia pada 2 September 2020. Kapolda juga mengecek PT Omron Indonesia dan ditemani oleh Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan.

"Kami ingin mengecek bagaimana kesiapan dua perusahaan tersebut untuk masalah protokol kesehatan sudah dilaksanakan," kata Nana saat itu, dalam keterangannya yang diberikan oleh Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kompol Sunardi, Rabu, 2 September 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: 369 Pekerja Positif COVID-19, Pabrik Epson di Cikarang Ditutup

Nana menyebutkan, perusahaan wajib memfasilitasi protokol kesehatan para karyawannya. Hal itu agar meminimalisasi penyebaran Corona di ruang lingkup pabrik.

Pabrik Arak Ilegal Terbesar di Malang Digerebek Polisi

"Ini demi memutus mata rantai dan penyebaran COVID-19," kata Nana saat melakukan kunjungan itu.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, mengatakan, ditemukannya ratusan kasus positif COVID-19 di PT Epson Indonesia, setelah pihaknya bersama perusahaan melakukan tes swab ke seluruh karyawan yang berjumlah 13 ribu orang. "Jadi awal September kami melakukan tes swab. Tes ini rangkaian program pengecekan di klaster industri," ujarnya.

Lalu, setelah pengecekan, tepatnya pada 6 September 2020, hasil swab keluar. Diketahui ada sejumlah karyawan yang positif COVID-19, dan satgas langsung melakukan tracing ke orang-orang terdekat. Hasilnya sebanyak 369 pekerja yang positif COVID-19.

"Sampai sekarang dari perusahaan sudah ribuan yang diperiksa. Masih ada spesimen yang masih diperiksa beberapa hari keluar hasilnya dan kami berharap tidak ada penambahan," ujarnya.

Sebagai antisipasi meluasnya penyebaran, operasional PT Indonesia Epson Industry (IEI) ditutup sementara selama dua pekan untuk keperluan sterilisasi dan clearing. "Perusahaan mulai 19 September sampai 2 Oktober untuk keperluan clearing sudah dilakukan penutupan sementara, jadi tidak ada operasional dari perusahaan tersebut," ungkapnya.
 
Data resmi pikokabsi.bekasikab.go.id per Senin 21 September 2020, dari jumlah total 1.914 kasus, sebanyak 1.678 dinyatakan sembuh, 48 meninggal dunia, dan 42 dirawat di rumah sakit. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya