Kelurahan Cengkareng Timur Terbanyak Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta

Posko Tanggap Covid-19 DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, terdata sebagai kelurahan yang miliki nilai tertinggi kasus aktif COVID-19 wilayah Jakarta Barat, bahkan di seluruh wilayah Ibu Kota DKI Jakarta.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tingginya angka COVID-19 di Kelurahan Cengkareng Timur tersebut terdata di situs web corona.jakarta.go.id hingga Senin pagi, 21 September 2020. Dari web tersebut terhitung, kasus positif COVID-19 di kelurahan ini mencapai 99 orang.

Lurah Cengkareng Timur, Ardih Muhur, menyebutkan bahwa kebanyakan kasus COVID-19 di wilayah itu tertular dari anggota keluarganya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Banyak sih klaster rumah tangga," kata Ardih dikonfirmasi, Senin 21 September 2020.

Baca juga: Lama Mengabdi Jadi Alasan Jenazah Sekda DKI Dibawa ke Balai Kota

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Ardih menyampaikan, biasanya yang terjadi yaitu salah satu anggota keluarga terkena COVID-19 di tempat lain seperti klaster perkantoran, pasar atau lainnya. Setelah itu, orang tersebut kontak dan menularkan COVID-19 ke anggota keluarganya di rumah.

Adapun langkah yang telah dilakukan Kelurahan Cengkareng Timur untuk mengantisipasi penularan ialah membawa seluruh pasien positif COVID-19 ke Wisma Atlet.

"Kalau kami koordinasi sama puskesmas, mengimbau warga yang kena untuk mau diberangkatkan Wisma Atlet," ujarnya.

Saat ini, pasien-pasien tersebut sudah dirujuk ke Wisma Atlet untuk menjalani pemulihan. Jumlah pasien positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali naik hingga Minggu, 20 September 2020, yakni mencapai 62.886 orang.

Dari total pasien positif COVID-19 itu, sebanyak 49.209 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 78,3 persen.

Sementara itu, 1.561 pasien di DKI Jakarta dilaporkan meninggal dunia atau setara 2,5 persen dari total kasus positif COVID-19.

Adapun hingga Minggu kemarin, jumlah kasus aktif di Jakarta sebanyak 12.116 orang. Artinya, mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit atau menjalani isolasi mandiri. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya