Makam Khusus COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Tersisa 600 Lubang

Lahan pemakaman khusus COVID-19 di TPU Pondok Ranggon
Sumber :
  • VIVA/Kenny Putra

VIVA – Lahan pemakaman khusus jenazah COVID-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, semakin menipis. Lahan baru seluar 4.000 meter persegi yang disiapkan sebelumnya untuk pemakaman khusus COVID-19 sebagiannya sudah digunakan, tinggal menyisakan 600 lubang jenazah.

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Menurut Imang Maulana, salah satu petugas pemakaman di TPU pondok Ranggon, lahan baru yang dibuka oleh Sudin Bina Marga Jakarta Timur untuk jenazah COVID-19 sudah hampir habis.

"Ini lahan terakhir, bisa dikatakan lahan terakhir. Menurut informasi dari pimpinan juga itu, lahan untuk ke depan diperkirakan 600 jenazah lagi, kurang lebih 600 jenazah lagi, insya Allah," kata Imang saat ditemui di TPU Pondok Ranggon, Selasa, 29 September 2020.

Datang ke Pemakaman Ibunya, Angger Dimas Berterima Kasih Pada Tamara Tyasmara dan Keluarga

Baca: Catat Rekor, TPU Pondok Ranggon Kubur 40 Jenazah COVID-19 Sehari

Imang menambahkan, dalam satu bulan terakhir terjadi lonjakan drastis jumlah jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon. "Dalam satu bukan terakhir terjadi lonjakan drastis. Awalnya cuma dalam sehari 5, sekarang minimal 30. Hari Senin kemarin saja kami memakamkan 34 jenazah pasien COVID-19," kata Imang.

Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Kenang Momen Kebersamaannya

Dari pantauan VIVA di lokasi, hingga pagi tadi sudah ada 10 jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon. Selain itu, terlihat juga kendaraan milik keluarga jenazah memasuki lahan pemakaman khusus COVID-19.

Pada pertegahan bulan September lalu, pengelola TPU Pondok Ranggon juga sudah mewanti-wanti kapasitas lahan untuk jenazah COVID-19 semakin menipis. Pada awal September, kapasitas lahan makam khusus COVID-19 masih tersisa 1.000 jenazah. 

Tapi seiring dengan jumlah angka kematian akibat COVID-19 yang terus meningkat, kapasitas lahan makam di TPU Pondok Ranggon akan habis. Jika jumlahnya terus naik, lahan pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, diperkirakan habis pada Oktober 2020.  

Sejak awal pandemi COVID-19, sudah ada tiga blok makam yang digunakan untuk pemakaman jenazah COVID-19. Terhitung sejak 31 Agustus saja, TPU Pondok Ranggon masih menyisakan lahan untuk memakamkan 1.100 jenazah COVID-19. 

Dalam satu bulan, jenazah yang dimakamkan bisa mencapai 700 sampai 720 orang. Saat ini, blok pemakaman jenazah COVID-19 hanya menyisakan satu blok dan diperkirakan habis pada Oktober 2020. "Kita tersisa cukup menampung 1.000 jenazah lagi di TPU Pondok Ranggon," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya