Sepuluh Ribu Rapid Test Donasi Buddha Tzu Chi Disebar di Jakarta Utara

Ilustrasi petugas menunjukkan hasil negatif pada alat pemeriksaan cepat (rapid test) COVID
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Sebanyak 10.000 alat rapid test untuk deteksi dini COVID-19 didistribusikan di enam kecamatan rawan penularan virus corona di Jakarta Utara pada Rabu, 30 September 2020.

Ratusan Pengguna Jalan Kena Razia di Jakarta Utara

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan distribusi alat rapid test itu sebagai upaya pencarian kasus aktif atau active case finding (ACF) penyebaran COVID-19 pada lingkungan Rukun Warga (RW) zona merah.

Semua alat rapid test itu merupakan donasi dari Yayasan Budha Tzu Chi dan akan disebar di enam kecamatan, yaitu Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, dan Tanjung Priok.

Pemalak Sopir Mobil Bak di Cilincing Ditangkap

Baca: Ridwan Kamil Bilang Pemerintah Sudah Simulasi Logistik Vaksin COVID-19

Kader kesehatan masyarakat seperti kader Posyandu lansia turut terlibat dalam ACF dengan memanfaatkan alat rapid test. “Insyaallah dengan pelibatan masyarakat lokal maka penjangkauan, sekaligus sosialisasi dan kampanye untuk menumbuhkan disiplin masyarakat terkait Covid-19, terpenuhi dengan baik,” ujarnya.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Di sisi lain, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara Yudi Dimyati menerangkan, kader kesehatan masyarakat akan dibekali pelatihan singkat oleh tenaga medis Puskesmas setempat. Mereka akan dilatih terutama kepiawaian kader dalam membaca dan memasukkan sampel darah ke alat rapid test.

Yudi menjelaskan, jika para kader itu menemukan hasil reaktif pada hasil rapid test, mereka akan merujuk pasien untuk menjalani tes swab di Puskesmas terdekat. (ren)

Proses Drive Thru Rapid Test COVID-19.

Kasus COVID-19 Tinggi Lagi di AS, Masyarakat Lakukan Rapid Tes Mandiri

Pada Selasa, 17 Mei 2022, Gedung Putih Amerika Serikat mengumumkan putaran ketiga Rapid tes COVID-19 mandiri di rumah gratis bagi masyarakat Amerika.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2022