Cuma Terima Pasien COVID-19, Tes Swab di RSUD Pasar Minggu Gratis

Ilustrasi tes swab
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menjadi salah satu rumah sakit yang ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta. Berdasarkan SK Menkes tentang rumah sakit rujukan COVID-19, maka sejumlah upaya dilakukan untuk meningkatkan fasilitas, layanan serta SDM dalam penanganan pasien COVID-19. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Kemudian ada ingub nomor 50 tahun 2020 bahwa Rumah Sakit Daerah Pasar Minggu hanya pelayanan COVID-19, jadi sejak itu kami tidak ada pelayanan umum," kata Wakil Direktur Keuangan Pemasaran RSUD Pasar Minggu, Wiwiek Heryta, Minggu, 4 Oktober 2020. 

Baca: Ini Prosedur Pasien OTG COVID-19 Dapatkan Fasilitas Tempat Isolasi

Piknik ke Ragunan, Satu Keluarga Tertimpa Pohon Tumbang Hingga Dirawat di RSUD

Pihak RSUD Pasar Minggu juga menyediakan layanan tes swab gratis kepada masyarakat. "Dan kami tes SWAB PCR itu tidak berbayar semua, tidak berbayar, kami ditanggung Kemenkes," ujarnya.

Masyarakat hanya perlu membawa fotocopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) lalu mendaftar untuk dilakukan tes swab. "Untuk individu yang datang syaratnya hanya bawa fotokopi KTP dan KK, daftar tunggu antrian
tidak berbayar," terang Wiwiek

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Seluruh masyarakat yang memiliki KTP dan KK karena itu akan ditanggung oleh Kemenkes dan insya Allah hasilnya 3 hari kedepan akan didapat," imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini RSUD Pasar Minggu sudah menampung sebanyak 236 bed terisi untuk melayani pasien COVID-19 dari gejala sedang sampai berat, dengan para pasien yang bervariasi usianya dari anak-anak, dewasa, ibu melahirkan dan anak.

"Jadi kami melayani pelayanan COVID-19 yang sedang sampai berat, yang ringan kami rujuk ke Wisma Atlet," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya