Diguyur Hujan Semalam, Sampah Kali di Jakarta Meningkat 15 Kali Lipat

Tumpukan sampah di Cengkareng Drain, Cengkareng, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Sampah kali di Jakarta Barat alami peningkatan usai hujan lebat yang melanda Jakarta semalam. Tumpukan sampah terlihat di sejumlah lokasi saluran air besar, seperti di Cengkareng Drain, Cengkareng, Jakarta Barat.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Robot jaring sampah beroperasi sejak pagi untuk mengangkut limbah sampah. Tampak pula sejumlah truk mengantre mengangkut tumpukan sampah.

Cengkareng drain sendiri menjadi muara tiga kali, yakni kali Mookervart, kali Angke, dan kali Pesanggrahan.  Kondisi jauh lebih buruk terjadi di Banjir Kanal Barat, dekat Season City, Tambora, Jakarta Barat. Gundukan sampah terlihat di kawasan itu.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Petugas Kebersihan UPK Badan Air, Endriyanto mengatakan, semenjak musim hujan, sampah di sana mengalami peningkatan hingga 15 kali lipat. Dua alat berat disediakan di kawasan itu untuk mengangkut sampah secara bergantian. 

“Sejauh ini sudah diangkut mencapai 63 meter kubik,” ujar Endriyanto dikonfirmasi, Senin, 5 Oktober 2020.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Baca juga: Antisipasi Demo Buruh, Polisi Lakukan Penyekatan di Tangerang

Untuk mempercepat pengangkutan, 10 petugas termasuk dua operator alat berat bekerja mengangkut sampah ke tiga unit truk truk besar. 

“Sampah sudah terangkut menuju ke TPST Bantar Gebang. Kegiatan masih berlangsung, dan volume sampah masih akan bertambah lagi,” ujarnya.

Endriyanto menjelaskan sampah yang menggunung di sana merupakan hal yang normal, dan biasa terjadi saat musim penghujan. Namun bila dibandingkan dengan musim kemarau, peningkatan di sana mencapai 15 kali lipat dari hari biasanya.

“Sampah sendiri didominasi Kantong plastik, batang bambu, kayu, kasur, sofa, dan masih banyak yang lainnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya