Massa Buruh Pelajar Tolak Omnibus Law Diblok di Harmoni, Macet Total

Massa demo tolak Omnibus Law menumpuk di Simpang Harmoni
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Aksi massa buruh tolak Omnibus Law yang rencananya akan digelar hari ini,  Kamis 8 Oktober 2020 di Istana Negara dihadang posisi. Hampir di seluruh sisi Jalan Medan Merdeka telah diblokade aparat Kepolisian.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Tampak di Jalan Medan Merdeka Timur, puluhan mahasiswa  mulai berkumpul. Beberapa di antara mereka memakai jas almamater kampus. Para mahasiswa ini tidak bisa lanjut ke Istana untuk melakukan aksi unjuk rasa

Sementara itu, di perempatan Harmoni, massa dari pelajar STM dan mahasiswa berkumpul. Massa di Harmoni ini tampak berjumlah lebih banyak, sekitar seribu orang. Mereka pun diadang oleh aparat Kepolisian dan TNI. 

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Baca juga: Siapa Suami Puan Maharani, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Situasi lalu lintas di penempatan  Harmoni ini pun macet total. Massa berdiri dan memblokade perempatan Harmoni ini. Kendaraan yang hendak lewat pun tak bisa. Massa pun terus bertambah. Aparat kepolisian dan TNI pun tidak membuka jalan bagi massa. 

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

"Bagi masyarakat yang melewati Jalan Raya Majapahit atau yang dari Harmoni mau ke Thamrin Sudirman, begitu juga sebaliknya, lebih baik cari jalan lain.  Semua akses jalan menuju Istana kita tutup," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi, Kamis 8 Oktober 2020.

Di Simpang Harmoni ini,  massa aksi sempat melakukan aksi dorong dan melempari aparat Kepolisian. Saat ini, massa yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dari STM dan kaum buruh melakukan orasi di Simpang Harmoni.

Sebelumnya, di depan Kantornya Wali Kota Jakarta Pusat, aparat gabungan TNI dan Polri juga sempat membubarkan belasan pelajar yang hendak ke Istana Negara. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya