Pemprov Siagakan 712 Pompa Antisipasi Banjir Jakarta

Pemeriksaan Pompa Air Ancol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan berbagai alat dan pompa dalam menghadapi musim penghujan yang, menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan berlangsung mulai akhir Oktober 2020. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf, mengatakan saat ini pihaknya memiliki tiga jenis pompa untuk pengendalian banjir, yaitu pompa stasioner, pompa mobile, dan pompa apung.

"Untuk pompa stasioner, saat ini Dinas SDA memiliki 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi," kata Junaini Yusuf di Jakarta, Senin 12 Oktober 2020. 

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Baca: Longsor di Ciganjur Jaksel, 1 Warga Tewas dan 100 Orang Dievakuasi

Ia merinci, lokasi pompa stasioner tersebut umumnya berada di dekat sungai, waduk, maupun pintu air. Ketika tinggi muka air meningkat, pompa ini akan bekerja langsung untuk memompa air menuju sistem drainase yang lebih besar. Menurut Juaini, kondisi pompa stasioner 90 persen dalam keadaan baik. 

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

"Sisanya masih dalam perbaikan. Untuk pompa yang kondisinya baik pun secara rutin kami lakukan pengecekan agar pompa dapat bekerja secara optimal pada saat musim hujan," katanya. 

Selain pompa statisioner, Juaini mengungkapkan tahun ini pihaknya juga telah menyiapkan penambahan sekitar 10 unit pompa mobile. "Saat ini kami telah mempunyai 160 unit pompa mobile dengan kapasitas hingga 400 liter per detik. Jumlah tersebut akan bertambah sekitar 10 unit," ujarnya. 

Lanjut dia, pompa mobile tersebut diprioritaskan untuk lokasi seperti Kali Betik, Muara Angke dan Teluk Gong, serta lokasi rawan genangan lainnya. 

Kemudian yang terbaru, Dinas SDA saat ini memiliki 65 unit pompa apung yang telah disebar ke lima wilayah DKI Jakarta. Masing-masing wilayah mendapatkan 13 pompa apung. 

Pompa Apung memiliki bentuk yang simpel sehingga praktis digunakan untuk menyedot air di permukaan yang tidak dapat dilalui pompa mobile. 

"Meski ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih sederhana, daya sedot pompa apung cukup besar, yakni mencapai 50 liter per detik. Kami berharap Pompa Apung ini dapat semakin memaksimalkan penanganan banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta," katanya. 

Sementara itu, pengerukan secara masif juga masih terus dilakukan di sungai, waduk embung, situ yang ada di DKI Jakarta melalui program Gerebek Lumpur. Tak hanya mengerahkan alat berat, pembersihan lumpur dan sampah juga dilakukan di saluran-saluran mikro secara manual oleh Satgas Dinas SDA. 

"Kolaborasi dengan kelurahan untuk menggerakkan warga juga dilakukan untuk meningkatkan kepedulian warga terkait kebersihan saluran di sekitar tempat tinggalnya," katanya. 

Gerebek Lumpur sendiri secara masif telah dilakukan di dua lokasi dengan mengerahkan hingga 3 kali lipat alat berat. Pada tahap pertama telah dilaksanakan di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur pada 21 September 2020 lalu, dengan menggunakan 15 unit ekskavator. 

Selanjutnya tahap kedua telah dilakukan di Kali Baru Barat segmen Jl. Dr Saharjo, Setiabudi, Jakarta Selatan pada 30 September 2020. Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria meninjau langsung kegiatan Gerebek Lumpur tahap kedua tersebut.

Ini merupakan program berkelanjutan yang telah dilakukan sejak Maret 2020 dan akan berakhir pada Desember 2020. Program Gerebek Lumpur ini bertujuan untuk memaksimalkan daya tampung saluran dan kali. 

"Sehingga diharapkan dapat mencegah luapan air dari kali dan saluran ke permukiman warga," katanya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya