Deretan Janji Politik Anies yang Masih Mangkrak

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan paparkan kasus COVID-19.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Anies Rasyid Baswedan kini sudah genap tiga tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sejumlah persoalan dan janji kampanye Anies selama memimpin Ibu Kota masih disorot.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, Hasbiallah Ilyas mengatakan salah satu persoalan yang masih belum bisa diatasi adalah banjir. Selain banjir, ada sampah dan kemacetan yang juga belum terselesaikan.

"Menurut kami pertama banjir, kedua sampah dan yang ketiga kemacetan," kata Hasbiallah, Jumat, 16 Oktober 2020.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Baca Juga: 3 Tahun Anies Pimpin Jakarta, DPRD: Program DP Nol Persen Tak Beres

Dia berharap dari tiga persoalan itu masih ada waktu untuk Anies bisa menyelesaikannya. Kata dia, paling tidak 50 persen persoalan itu bisa direalisasikan.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

"Yang terpenting PKB sampai masa bakti Pak gubernur itu yang terpenting tiga permasalahan lah, paling tidak Pak gubernur menyelesaikan 50 persen saja itu sudah bagus," katanya. 

Selain itu, ada program Anies soal DP nol rupiah pun masih belum beres. Padahal program ini menjadi primadona dalam janji politiknya saat kampanye Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 lalu. 

"Contoh rumah 0 persen sampai hari ini belum maksimal padahal sebelum pandemi ini kan seharusnya ada sesuatu yang bisa dilakukan tentang DP 0 persen," kata Ketua DPD PKB DKI itu. 

Untuk masalah banjir, ia meminta agar jangan terulang kembali peristiwa banjir parah seperti 2019. "Yang perlu dikoreksi oleh Pak Anies ini jangan sampai di 2020 seperti kejadian 2019 banjir yang meluluhlantahkan Jakarta," tuturnya. 

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melantik pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada 16 Oktober 2017. Duet ini berpisah lantaran Sandiaga maju ke Pilpres 2019.

Anies pun sempat setahun lebih sendirian memimpin DKI. Kini, pengganti Sandi sudah ada yaitu politikus Gerindra, Ahmad Riza Patria.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya