Tiga Tahun Pimpin DKI, Gerindra Tetap Beri Catatan untuk Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan (tengah)
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA – Politikus Partai Gerindra, Purwanto menilai kinerja Anies Rasyid Baswedan selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dan sudah tiga tahun ini berjalan dengan baik. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Menurut saya sih overall sudah oke. Secara politik janji politik beliau sudah mulai terakomodir banyak dan penilaian kita juga sudah cukup oke," kata Purwanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 16 Oktober 2020. 

"Tapi kita juga tidak hanya dari sisi itu menilai, kan sebagai partai pendukung ada kepuasan publik yang meningkat dari semua masyarakat gitu," ujarnya. 

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

BacaDeretan Janji Politik Anies yang Masih Mangkrak

Kemudian, dari sisi komunikasi politik dengan partai pendukung, Anies diklaim Purwanto juga sudah bagus. Hanya saja, penting bagi Anies memantau kinerja bawahan untuk melihat dan mencari tahu bahwa laporan itu perlu kesesuaian dengan realita di lapangan.

Heboh Trotoar Berbayar di Jakpus, Heru Budi: Nanti Saya Suruh Dishub Tangkep

Menurutnya, ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kelihatan belum optimal dalam bekerja, sehingga bisa menjadi bumerang buat Anies kalau tidak segera diperbaiki. 

"Saya tidak perlu menyebut SKPD yang mana atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang mana, yang penting komunikasi dan upaya dia melakukan cross check lapangan berhubungan langsung dengan pelayanan publik bisa ditingkatkan," katanya. 

Berikutnya, terkait dengan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) secara keseluruhan perlu mendapat perhatian secara khusus, meskipun dalam kondisi COVID-19 ini, banyak tunjangan-tunjangan yang dipotong untuk ikut membantu gerakan moral dan membantu keuangan DKI. 

"Harusnya itu bukan menjadi suatu alasan, dan sekarang ada yang kinerjanya tidak dipotong dan ada beberapa yang dipotong, jelas kecemburuan sosial di internal, kemudian kontribusi pelayanan publik yang bersinggungan langsung kepada masyarakat seperti lurah, camat, wali kota juga mesti harus ada peningkatan yang jam operasional dan segala macam," ungkapnya.

Sebelumnya, Anies Rasyid Baswedan kini sudah genap tiga tahun menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Sejumlah persoalan dan janji kampanye Anies selama memimpin Ibu Kota masih disorot.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, Hasbiallah Ilyas mengatakan, salah satu persoalan yang masih belum bisa diatasi adalah banjir. Selain banjir, ada sampah dan kemacetan yang juga belum terselesaikan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya