Alhamdulillah, Kasus Sembuh COVID-19 di Jakarta Terus Bertambah

Ilustrasi tes usap massal di Surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaporkan jumlah kasus positif COVID-19 secara total di Ibu Kota sampai hari ini sementara tercatat sebanyak 95.253. Namun, angka kesembuhan juga melonjak dengan sementara tercatat sampai 80.261 hingga Senin, 19 Oktober 2020. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Dari jumlah total kasus tersebut, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 80.261 dengan tingkat kesembuhan 84,3 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia.

Pun, kasus meninggal tercatat ada total 2.064 orang dengan tingkat kematian 2,2 persen, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 3,5 persen. "Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 12.928 (orang yang masih dirawat / isolasi)," ujarnya.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca Juga: Anak dan Lansia Tak Dapat Vaksin COVID-19, Ini Alasannya

Kemudian, Dinas Kesehatan juga telah melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 7.231 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 5.785 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 667 positif dan 5.118 negatif. 

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Namun, ada penambahan kasus positif harian sebanyak 926 kasus. Hal ini terdapat akumulasi data sebanyak 259 kasus tanggal 11-17 Oktober 2020 dari 2 laboratorium yang baru dilaporkan. 

"Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 107.633. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 74.313," jelasnya.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 10 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 8,3 persen. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

Perlu diingat agar selalu memperhatikan dan menjalankan prinsip protokol kesehatan dalam berkegiatan sehari-har. Imbauan penting yaitu agar tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak.

Selain itu, jangan abaikan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. (ase)

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya