Hampir Penuh, TPU Tegal Alur Kembali Buka Blok Pemakaman COVID-19

Ilustrasi pemakaman jenazah positif COVID-19
Sumber :
  • VLIX.id/Purna Karyanto

VIVA - Selama pandemi yang sudah berjalan selama tujuh bulan, TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, telah membuka blok baru untuk pemakaman jenazah dengan prosedur COVID-19, Rabu, 21 Oktober 2020. Pembukaan blok baru tersebut karena Blok AA1 untuk makam protap COVID-19 sejak Maret 2020 kini telah penuh.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Berbeda dengan Blok AA 1 yang berada di area depan, blok baru makam COVID-19 kini berada di Blok AA 2. Lokasinya berada di area belakang makam dekat dengan waduk.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Satgas COVID-19 Waspada Kasus Harian Naik

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Salah satu petugas Pemakaman Tegal Alur, Asep, mengatakan hanya ada lahan di area belakang yang masih tersisa untuk pemakaman di unit Islam TPU Tegal Alur.

Pantauan di lokasi, alat berat ekskavator dari Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat dikerahkan untuk menggali lubang makam.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Sebab, kontur tanah di sana cukup keras sehingga memakan waktu jika petugas harus menggali secara manual,” ujar Asep saat dikonfirmasi, Rabu, 21 Oktober 2020.

Asep mengatakan dua unit ambulans milik Dinas Pemakaman DKI Jakarta yang mengangkut jenazah COVID-19 juga berada di area makam.

“Satu jenazah sedang dimakamkan petugas, satu jenazah lain masih menunggu di dalam mobil,” ujarnya.

Asep menjelaskan petugas makam di TPU Tegal Alur mengatakan, sudah sejak awal Oktober pemakaman protap COVID-19 dipindahkan ke blok baru ini. Meski tak merinci pasti, dari perhitungan sepintas Asep mengatakan sudah sekitar 100 jenazah protap COVID-19 yang dimakamkan di blok baru ini.

"Kalau yang di blok lama kan memang sudah penuh. Sudah sekitar 2.000 jenazah yang dimakamkan di sana,” ujarnya.

10 Jenazah Tiap Hari

Asep menjelaskan sejak awal pandemi pada Maret hingga saat ini, jumlah pemakaman protap COVID-19 di TPU Tegal Alur setiap harinya masih tinggi. Rata-rata dalam sehari masih 10 jenazah protap COVID-19 yang dimakamkan.

Mereka dibawa menggunakan ambulans Pemprov DKI Jakarta dari berbagai rumah sakit. Adapun yang boleh dimakamkan di sini yakni warga DKI Jakarta serta warga luar DKI Jakarta yang meninggal di Jakarta.

"Dibanding bulan-bulan sebelumnya ya masih sama aja, pokoknya kita tetap siaga aja di sini. Kalau ada jenazah datang langsung kita makamin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya