Kebakaran di Pasaraya Manggarai Diduga karena Konsleting Listrik

Kebakaran di Pasaraya Manggarai, Jakarta.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sartono mengatakan, sumber api pertama kali muncul di ruang panel listrik yang berlokasi di lantai basement Pasaraya Manggarai. Hal itu terungkap dari laporan salah seorang karyawan yang menjadi saksi kebakaran itu.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

“Salah seorang karyawan/ teknisi gedung listrik Raya Manggarai melihat kepulan asap tebal dari lokasi ruang panel listrik yg berada di basement 1,” ujar Sartono ketika dikonfirmasi, Minggu 25 Oktober 2020.

Baca: PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap di Jakarta Tetap Ditiadakan

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Walaupun awal ada kendala menghadapi asap tebal, pihaknya tak menyerah untuk menaklukkan api. Dengan cara, mengerahkan alat pendukung berupa Smoke Removal Unit dan lima unit blower berukuran kecil.

“Waktu di awal kami mengalami kendala karena adanya asap tebal hasil pembakaran kabel, tapi setelah kepulan asap disedot menggunakan blower. api langsung kita padamkan," ungkapnya.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Sebelumnya diberitakan, Kebakaran terjadi di Pasaraya Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu siang. Sebanyak 14 mobil unit pemadam kebakaran dikerahkan.

“14 unit berikut pendukung dan sebanyak 56 orang," ungkap Sartono

Sartono menyebut, laporan awal kebakaran disampaikan masyarakat pada pukul 11.45 WIB. "Kurang lebih 1,5 jam api mampu diatasi walaupun awal ada kendala menghadapi asap tebal," kata Sartono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya