Patroli hingga Gang Sempit, Polisi di Tangerang Gunakan Sepeda

Polisi berpatroli dengan menggunakan sepeda
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Korps Lalu Lintas Polri menggelar Operasi Patuh Jaya 2020, Senin, 26 Oktober 2020. Pada awal pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2020 Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Kota meresmikan tim The 9 Bicycle Patrol.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Tim tersebut merupakan tim khusus yang salah satu tujuannya guna membantu memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus COVID-19. The 9 Bicycle Patrol terdiri dari sembilan orang petugas Polisi Lalu Lintas yang dipimpin oleh seorang perwira dengan beranggotakan empat orang polisi laki-laki dan empat orang polisi wanita.

"Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 melalui upaya preventif dan preemtif," ujar Kepala Satlantas Polres Metro Tangerang Kota, Komisaris Polisi Jamal Alam kepada wartawan, Senin, 26 Oktober 2020.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

Baca juga: 5 Pelanggaran Jadi Target Operasi Zebra Jaya 2020

Jamal menjelaskan, The 9 Bicycle Patrol akan melaksanakan upaya preventif dengan melakukan kegiatan patroli di lokasi-lokasi blackspot dan trouble spot lalu lintas serta melaksanakan upaya preemtif dengan memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dan penerapan protokol kesehatan. The 9 Bicycle Patrol menggunakan sepeda sebagai sarana patroli.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Kata Jamal, hal tersebut dilakukan dengan harapan agar pelaksanaan patroli dapat menjangkau wilayah-wilayah pelosok kota sampai ke gang-gang dan jalan sempit. Diharapkan dengan adanya tim khusus ini, patroli dapat lebih mudah diterima masyarakat karena saat ini bersepeda merupakan kegiatan yang diminati oleh masyarakat di berbagai kalangan.

"Satlantas Polres Metro Tangerang Kota melaksanakan kegiatan Operasi Zebra Jaya 2020 selama 14 hari yang dimulai pada tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan 8 november 2020 dengan mengedepankan patroli dan imbauan guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas serta memutus mata rantai penularan virus COVID-19," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra 2020. Rencananya Operasi Zebra itu akan dimulai dari 26 Oktober hingga 8 November 2020.

“Akan digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis 22 Oktober 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya