Kiriman dari Bogor, Banjir Rendam Puluhan Rumah di Tangerang

Banjir di Kampung Bitung, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug, Tangerang
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

VIVA – Banjir dengan ketinggian hingga 1,5 meter merendam puluhan rumah yang berada di Kampung Bitung, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Selasa 27 Oktober 2020.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Salah seorang warga, Iqbal, mengatakan banjir sudah merendam perumahan tersebut sejak semalam, Senin 26 Oktober 2020.

"Banjir dari semalam dan belum surut, banjir ini karena kiriman air dari Bogor, sehingga air Sungai Cirarab yang ada di dekat pemukiman meluap," katanya.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Baca juga: Puting Beliung Terjang Kawasan Wisata di Kota Bekasi

Setidaknya terdapat 50 rumah warga di RT 1 dan RT 2/RW 4 yang terendam banjir. Terhadap kondisi banjir itu, warga yang terdampak tersebut memilih untuk mengungsi ke posko yang telah disediakan.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

"Ada dua RT yang kena sekitar 50 dan adalagi satu perumahan di Kadu Jaya juga terendam banjir sekitar 30. Jadi, totalnya ada 80 rumah. Sekarang, warga juga sudah ada yang ngungsi," ujar Iqbal.

Untuk lokasi pengungsian, warga diarahkan ke Pondok Pesantren Istiqomah. Di sana warga tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat saat ini tengah pandemi COVID-19.

"Yang mengungsi kita arahkan untuk lebih dulu membersihkan diri, tetap pakai masker dan juga kita usahakan agar warga yang ada di tempat pengungsian tidak menumpuk," jelas Iqbal.

Intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi dalam beberapa hari belakangan di Tanah Air. Wilayah Jabodetabek, juga sudah mengalami banjir di beberapa lokasi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat intensitas hujan masih terjadi hari ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya