Geger Ular Kobra Hitam 1 Meter Masuk Rumah Warga di Cilincing

Ilustrasi evakuasi ular King Kobra
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Seekor ujar Kobra hitam berukuran cukup besar dan panjang kira-kira 1 meter masuk ke permukiman dan rumah warga di kawasan Rorotan Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa petang 27 Oktober 2020.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Kasie Ops Damkar Jakarta Utara, Rahmat Kristanto, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan atas adanya ular jenis Kobra cukup besar yang dilaporkan masuk hingga ke rumah warga.

Ular Kobra tersebut masuk hingga kamar tidur warga. Kobra kemudian disebut sempat bersembunyi di balik lemari dalam kamar.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

“Kita terima laporan adanya ujar Kobra yang masuk hingga ke rumah warga, setelah ditelusuri ternyata ujar tersebut ada di kamar tidur,” ujar Rahmat pada saat dikonfirmasi, Selasa 27 Oktober 2020.

Rahmat menjelaskan, pihaknya sampai mengirimkan enam personel Damkar Jakarta Utara untuk menangkap ular Kobra tersebut. Dia melanjutkan, butuh waktu sekitar lebih dari satu jam untuk penanganan hingga petugas bisa menangkap ular tersebut.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

“Awalnya ular ada di balik ranjang, kita cegat kemudian ular kabur ke balik lemari, lemari ini cukup berat makanya butuh waktu untuk mengevakuasinya” ujarnya.

Hingga hampir dua jam ular berhasil tertangkap dan diamankan petugas. Ular Kobra diamankan dengan menggunakan alat capit khusus dengan cara dijepit kepalanya.

“Pakai alat, kita jepit kepalanya kemudian ular berhasil diamankan dari lemari yang berat,” tuturnya soal penangkapan ular Kobra di Jakarta Utara tersebut.

Penemuan ular memang menjadi hal yang tak aneh, apalagi kala musim hujan seperti saat ini. Dalam berbagai kesempatan, ular dengan berbagai jenis dilaporkan diamankan. Termasuk yang sempat masuk ke permukiman bahkan hingga rumah warga. 

Sementara itu, potensi banjir juga bisa menyebabkan terbawanya hewan-hewan liar termasuk ular Kobra. Namun, ular Kobra kali ini cukup mengejutkan karena ukuran yang relatif panjang hingga 1 meter tersebut. Petugas yang mengamankan pula harus melakukan evakuasi dengan sangat hati-hati mengingat ular Kobra merupakan hewan yang berbahaya.

Hujan mengguyur wilayah Jabodetabek belakangan, sehingga warga diimbau untuk tetap waspada tidak hanya cuaca. Namun juga imbas cuaca buruk yang bisa berdampak banjir dan hewan-hewan termasuk ular yang bisa terbawa dan seharusnya tak berada di permukiman. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya