Polisi: Malam Ini Puncak Arus Mudik Libur Panjang

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, polisi memprediksi puncak arus mudik libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dari Jakarta menuju ke arah luar dimulai sejak sore ini, Selasa 27 Oktober 2020 hingga tengah malam nanti.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

"Prediksi puncak kepadatan mulai sore sampai malam sampai dengan Rabu pagi. Sedangkan prediksi arus puncak sebaliknya Minggu siang sampai Senin," ujar Sambodo di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 27 Oktober 2020.

Sambodo menambahkan, petugas telah memberlakukan larangan truk tiga sumbu ke atas melewati jalur tol. Sempat terjadi kemacetan di beberapa titik tol di Jakarta karena hal ini.

PHRI Sebut Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek Bikin Okupansi Hotel Daerah Wisata Naik hingga 80 %

"Mulai siang tadi telah melakukan penyekatan truk sumbu tiga ke atas. Mulai jam 12.00 WIB kendaraan sumbu tiga ke atas tidak boleh melewati jalur tol, semua lewat arteri," katanya.

Terkait skema buka tutup rest area, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, karena selama masa pandemi COVID-19, kapasitas rest area dibatasi hanya sebesar 50 persen. Di wilayah Polda Metro Jaya, rest area ada di KM 19, KM 39, dan KM 33 yang diterapkan sistem buka tutup.

Libur Panjang Imlek, BRINS Pastikan Layanan Klaim Asuransi Tetap Beroperasi

Sambodo menjelaskan, polisi telah berkoordinasi dengan pengelola rest area terkait skema buka tutup ini. Sambodo mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur panjang di rumah saja lantaran masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Kalaupun teman-teman masyarakat akan bepergian, baik ke tempat wisata atau ke sanak keluarga, pastikan untuk tetap memperhatikan proses dan pastikan keluarga yang bepergian itu sehat sehingga tidak menulari warga atau saudara," ujarnya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga Tbk berencana menutup sementara rest area atau tempat istirahat KM 50A arah Cikampek dan KM 52B arah Jakarta untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas jelang libur panjang akhir Oktober 2020.

"Dua rest area akan kami tutup secara bergantian," kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Corry Annelia Poundti, melalui keterangan tertulis di Bekasi, Selasa, 27 Oktober 2020.

Corry mengatakan, penutupan tempat istirahat di KM 50A arah Cikampek akan dimulai sore ini pukul 16.00 WIB sampai dengan besok sore di jam yang sama.

Tempat istirahat KM 52B arah Jakarta akan mulai ditutup pada Minggu 1 November 2020 pukul 08.00 WIB hingga Senin 2 November 2020 di jam yang sama pula.

"Di luar jadwal tersebut petugas operasional akan melakukan buka tutup secara situasional atau sesuai diskresi kepolisian," katanya. (art)

Baca juga: Kapolda Bikin Tim Tangkap Begal Anjasmara dan Kolonel Marinir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya